Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI PEKANBARU

Uci Angraini M.S, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI PEKANBARU. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI UCI ANGRAINI MAYANG SARI.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Uci Angraini M.S, (2021): Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas di Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis menggunakan model pembelajaran collaborative problem solving dengan siswa belajar menggunakan pembelajaran langsung, jika ditinjau dari kemandirian belajar siswa, dan ada tidaknya pengaruh interaksi penerapan model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Datuk Batu Hampar Pekanbaru. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling berdasarkan dari data yang diambil peneliti dan dibuktikan secara statistika. Teknik pengambilan data menggunakan teknik observasi, teknik angket, teknik tes dan teknik dokumentasi. Pengujian hipotesis dengan teknik analisis data yaitu uji t dan uji anova dua arah. Berdasarkan hasil analisis data, data disimpulkan bahwa : 1) Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran collaborative problem solving dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung, dengan rata-rata kelas eksperimen adalah 23,09 dan ratarata kelas kontrol adalah 20,63. 2) Jika ditinjau dari kemandirian belajar siswa, terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang belajar dengan model pembelajaran collaborative problem solving dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran langsung. 3) Terdapat pengaruh interaksi antara penerapan model pembelajaran dengan kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Kata kunci: Collaborative Problem Solving, Berpikir Kritis Matematis, Kemandirian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 05 Jul 2021 03:49
Last Modified: 05 Jul 2021 03:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50523

Actions (login required)

View Item View Item