Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Upaya Pengurus Masjid Al-Muhsinin Dalam Memilih Da’i Pada Pembinaan Imarah di Bina Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru

Siti Rukhmana, Siti (2021) Upaya Pengurus Masjid Al-Muhsinin Dalam Memilih Da’i Pada Pembinaan Imarah di Bina Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kegiatan pembinaan agama bidang imarah yang dilakukan di masjid Al-Muhsinin Pekanbaru. Dimana kegiatan pembinaan agama imarah meliputi pembinaan ibadah dengan diadakannya pembinaan majelis ta’lim, mengadakan pengajian rutin, peringatan hari besar Islam seperti peringatan isra’ mi’raj, maulid Nabi SAW dan perayaan tahun baru Islam. Dalam pembinaan tersebut tentu membutuhkan seorang da’i yang berkompeten yang mampu meningkatkan pemahaman keagamaan jamaah. Namun melihat fenomena pada saat sekarang ini, banyak sekali yang mengakui dirinya sebagai da’i tanpa memiliki keilmuan keagamaan yang mendalam. Oleh karena itu sebagai pengurus masjid tentu harus selektif dalam memilih da’i yang berkompeten. Dengan demikian tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana upaya pengurus masjid Al-Muhsinin dalam memilih da’i pada pembinaan imarah di Bina Karya kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Informan penelitian ini berjumlah lima (5) orang. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa upaya pengurus masjid Al-Muhsinin dalam memilih da’i adalah melalui rekomendasi dari jamaah, media sosial da’i serta kemampuan yang dimiliki oleh da’i. Dengan menetapkan kriteria pokok yang harus ada pada da’i yaitu kompetensi personal (kepribadian yang saleh), kompetensi sosial (kehidupan sosial), kompetensi subtantif (keilmuan dan wawasan yang luas), dan kompetensi metodologis (cara penyampaian dakwah). Faktor pendukung dalam upaya memilih da’i untuk pembinaan agama adalah adanya dukungan dari tokoh agama serta tokoh masyarakat seperti ketua RW dan RT yang selalu berpartisipasi dalam melakukan segala kegiatan yang ada di masjid Al-Muhsinin dalam upaya memakmurkan masjid. Sedangkan faktor penghambatnya adalah masih saja ada masyarakat yang kontra terhadap da’i yang dipilih oleh pegurus masjid dan kepengurusan anggota Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Muhsinin masih kurang aktif dalam penerapan manajemen masjid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Memilih Da’i, Pembinaan Agama Imarah
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 08 Jul 2021 03:42
Last Modified: 08 Jul 2021 03:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50517

Actions (login required)

View Item View Item