Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH VALUE ADDED INTELLECTUAL CAPITAL (VAIC) TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BANK INDONESIA PERIODE 2015 – 2019

VIRAS ALTI PIDOLA, - (2021) PENGARUH VALUE ADDED INTELLECTUAL CAPITAL (VAIC) TERHADAP KINERJA KEUANGAN BANK UMUM SYARIAH YANG TERDAFTAR DI BANK INDONESIA PERIODE 2015 – 2019. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TESIS KECUALI BAB IV.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Viras Alti Pidola 2021: Pengaruh Value added Intellectual Capital (VAIC) terhadap Kinerja Keuangan Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Bank Indonesia Periode 2015 – 2019 Intellectual Capital adalah komponen yang dimiliki oleh suatu perusahaan dalam mengukur nilai sumber daya manusia didalamnya yang memberikan keunggulan bersaing. VAIC atau Value Added Intellectual merupakan solusi yang ditawarkan Pulic atas isu mengenai pengukuran Intellectual Capital. Intellectual Capital perusahaan tidak dapat diukur langsung tetapi mengajukan suatu ukuran untuk menilai efisiensi dari nilai tambah sebagai hasil dari kemampuan intelektual perusahaan. Suatu indikator yang dapat digunakan dalam menghitung VAIC™ adalah dengan menggabungkan Value Added Capital Coefficient (VACA), Value Added Human Capital (VAHU), dan Structural Capital Value Added (STVA). Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh Value added Intellectual Capital (VAIC) terhadap Return On Asset (ROA), Net Imbalan (NI), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Capital Adequacy Ratio (CAR), Finance to Deposit Ratio (FDR), Zakat Performing Ratio (ZPR). Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan data sekunder dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi berupa pencatatan laporan keuangan pada Bank Umum Syariah Periode 2015-2019 yang dipilih menggunakan metode purposive sampling dengan pengolahan data menggunakan program SmartPLS 3.0. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode Partial Least Square (PLS). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil penelitian yang di dapat dari program PLS adalah Intellectual Capital mempunyai pengaruh terhadap Return On Asset (ROA), Net Imbalan (NI), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), dan Finance to Deposit Ratio (FDR) tetapi Intellectual Capital tidak memiliki pengaruh terhadap Capital Adequancy Ratio (CAR) dan terhadap Zakat Performing Ratio (ZPR). Hal ini mungkin disebabkan karena adanya beberapa faktor eksternal yang mempengaruhi. Kata Kunci: Value added Intellectual Capital (VAIC), Return On Asset (ROA), Net Imbalan (NI), Beban Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO), Capital Adequacy Ratio (CAR), Finance to Deposit Ratio (FDR), Zakat Performing Ratio (ZPR).

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 05 Jul 2021 03:20
Last Modified: 05 Jul 2021 03:20
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50512

Actions (login required)

View Item View Item