Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGOPTIMASI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR (PLTA) DENGAN POLA OPERASI OUTFLOW MENGGUNAKAN METODE LINEAR PROGRAMMING (Studi Kasus : PLTA Batang Agam Sumatera Barat)

TOLAAL BADRI ALAINA, - (2021) PENGOPTIMASI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR (PLTA) DENGAN POLA OPERASI OUTFLOW MENGGUNAKAN METODE LINEAR PROGRAMMING (Studi Kasus : PLTA Batang Agam Sumatera Barat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

PENGOPTIMASI PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR (PLTA) DENGAN POLA OPERASI OUTFLOW MENGGUNAKAN METODE LINEAR PROGRAMMING (Studi Kasus : PLTA Batang Agam Sumatera Barat) TOLAAL BADRI ALAINA NIM. 11750514678 Program Studi Teknik Elektro Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jl. Soebrantas No. 155 Pekanbaru ABSTRAK Pelimpahan pada kolam Tando PLTA Batang Agam terjadi pada kondisi curah hujan yang sangat tinggi seperti bulan November 2019 dan Desember 2019, sehingga air yang berlimpah langsung di buang ke tail race, akibatnya pemanfaatan air pada kolam Tando kurang optimal. Untuk mengurangi terjadinya pelimpahan dan mengoptimalkan pemanfaatan air kolam Tando, maka penelitian ini menawarkan metode optimasi berupa peningkatan pola operasi outflow dengan sistem monitoring menggunakan linear programming. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengoptimasi produksi energi listrik yang dihasilkan dan memberikan sebuah sistem yang mampu me-monitoring kondisi elevasi dan volume kolam Tando. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa Peningkatan Outflow Dengan Monitoring System Menggunakan Linear Programming. Dari penerapan metode ini yang dilakukan pada pengoperasian PLTA Batang Agam tahun 2019 memberikan hasil berupa peningkatan produksi energi listrik, peningkatan efisiensi turbin generator, mampu mengetahui elevasi, volume, jari-jari permukaan kolam Tando dan mengurangi terjadinya pelimpahan pada kolam Tando PLTA Batang Agam. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terjadinya pelimpahan pada bulan November 2019 dengan rata-rata elevasi 682,22 mdpl dengan volume rata-rata 108826,63 m3 dan bulan Desember 2019 dengan rata-rata elevasi 682,63 mdpl dengan volume rata-rata 119777,26 m3 dengan terjadi peningkatan energi listrik yang dihasilkan dari 44,68 GWh/tahun menjadi 45,54 GWh/tahun, peningkatan efisiensi turbin generator 1,3% dari 77,42% menjadi 78,38%, dan peningkatan pendapatan biaya (income) sebesar Rp.965.678.790/tahun, sehingga total produksi energi listrik dan pendapatan (income) meningkat sebesar 2 % pada tahun 2019. Penerapan metode optimasi dengan meningkatkan pola operasi outflow dengan monitoring sistem menggunakan linear programing terbukti dapat melakukan pengoptimasi pada PLTA Batang Agam dan dapat mengurangi terjadinya pelimpahan air pada kolam Tando. Kata kunci : Optimasi, Outflow, linear programming, Produksi energi listrik, efisiensi, Monitoring system

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 05 Jul 2021 03:23
Last Modified: 05 Jul 2021 03:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50507

Actions (login required)

View Item View Item