Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Komunikasi Pendidikan Antara Orang Tua Dan Anak Dari Perspektif Al-Qur’an

Haris Munandar, - (2021) Komunikasi Pendidikan Antara Orang Tua Dan Anak Dari Perspektif Al-Qur’an. Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Haris Munandar (2021): Komunikasi Pendidikan Antara Orang Tua Dan Anak Dari Perspektif Al-Qur’an Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi orang tua dan anak dalam al-Qur‟an. Penelitian ini adalah penelitian kepustakan (library research). Teknik analisis data menggunakan content analisys. Hasil penelitian ini dapat ditemukan ayat-ayat tentang komunikasi orang tua dan anak dalam Al-Qur‟an. Hal ini ditunjukkan dengan hasil yang terdapat pada QS. Yusuf ayat 4-5, QS. Huud ayat 41-43, QS. Luqman ayat 13-19, QS. As-Shaffaat ayat 100-102. Terminologi orang tua komunikasi dalam al-Qur‟an antara lain: qaulan ma‟rufan, qaulan balighan, qaulan layyinan, qaulan maishuran, dan qaulan sadidan. Sedangkan terminologi anak antara lain: walad, ibn, dzurriyyah, ghulam dan thifl. Bentuk komunikasi pendidikan orang tua dan anak dari persfektif Al-Qur‟an berbentuk komunikasi verbal dengan menggunakan metode : tausiyah, amtsal dan diskusi. Konten komunikasi pendidikan orang tua dan anak dari persfekrif AlQur‟an antara lain: ridha‟, khauf (takut) dan raja‟ (harap), akidah, birr walidain, creative thinking (berpikir kreatif) dan akhlak mulia yang terdiri dari: shalat, takwa dan sabar. Kata Kunci: komunikasi, orang tua dan anak, Al-qur‟an.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 07 Jul 2021 02:40
Last Modified: 07 Jul 2021 02:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50460

Actions (login required)

View Item View Item