Diana Fitrianis (2020) Pengaruh Kegiatan Supervisi dan Edukasi TerhadapKinerja Gurudalam Pelaksanaan Kurikulum 2013 di SMP Se Kecamatan Kuantan Hilir Kabupaten Kuantan Singingi. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
Tasis FULL kecuali BAB IV_Diana.pdf Download (10MB) | Preview |
|
Text
15. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
Abstract
Sekolah Menengah Pertama (SMP ) merupakan lembaga pendidikan formal di bawah naungan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga secara keseluruhan telah menerapkan kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2014/2015. Pelaksanaaan kurikulum dalam proses pembelajaran pada hakikatnya sangat dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya cara subtansi kurikulum yang di pakai dan terlaksananya tugas-tugas kepala sekolah diantaranya sebagai supervisor dan edukator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan supervisi dan eduksi terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP Negeri se-kecamatan Kuantan Hilir. Populasi penelitian sebanyak 57 guru dan semua populasi dijadikan sampel. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan regresi berganda, dengan bantuan program SPSS 20.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa supervisi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013di SMP Negeri se Kecamatan Kuantan Hilir, dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05 berkontribusi 44,2%. Untuk edukasi terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013di SMP Negeri se kecamatan Kuantan Hilir, dengan nilai signifikan 0,0l00 < 0,05 berkontribusi 51,9%.Kegiatansupervisdan edukasi terhadap kinerja guru dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di SMP Negeri se kecamatan Kuantan Hilir secata bersama-sama mempunyai nilai signifikan 0,00 > 0,05. Besarnya kontribusi Adjusted R square (Adj R2) sebesar 0,498, menunjukkan bahwa supervisi dan edukasi terhadap kinerja guru memiliki pengaruh kontribusi 49,8%. Sedangkan sisanya 39,8% dapat diterangkan oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > S2 > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms. Melda Fitriana |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 06:59 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 07:08 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50450 |
Actions (login required)
View Item |