Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

IMPLEMENTASI PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MANAJEMEN PENGELOLAAN ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT SWADAYA UMMAH PEKANBARU

Septi Aryani Sulistia, - (2021) IMPLEMENTASI PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE DALAM MANAJEMEN PENGELOLAAN ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT SWADAYA UMMAH PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (933kB)

Abstract

ABSTRAK Septi Aryani Sulistia, 2021: Implementasi Prinsip Good Corporate Governance Dalam Manajemen Pengelolaan Zakat Di Lembaga Amil Zakat Swadaya Ummah Pekanbaru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya potensi zakat di Indonesia dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga zakat termasuk dalam program Suistainable Development Goals (SDGS). Oleh karena itu, zakat harus dikelola secara professional melalui lembaga Amil zakat. Amil harus mengelola zakat dengan baik sehingga bisa memberikan nilai tambah pada lembaga dengan menerapkan prinsip good corporate governance, yaitu suatu tata kelola lembaga secara baik karena didalamnya mengedepankan prinsip Transparansi, Akuntabilitas,Tanggung jawab, Indepedensi, dan Keadilan. Adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi prinsip good corporate governance dalam manajemen pengelolaan zakat di LAZ Swadaya Ummah dan ditinjau menurut ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif. Adapun Populasi dalam penelitian ini berjumlah 5 orang sehingga teknik pengambilan sampel yang peneliti ambil adalah Total Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dari penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwasannya implementasi prinsip good corporate governance dalam manajemen pengelolaan zakat di LAZ Swadaya Ummah secara menyeluruh sudah dilaksanakan tetapi perlu dioptimalkan lagi oleh Amil zakat dalam penerapannya, hal ini dapat dilihat dari upaya pencapaian di setiap komponen pada prinsip good corporate governance yang terdiri dari Transparansi, Akuntabilitas,Tanggung jawab, Indepedensi, dan Keadilan. Adapun tinjauan ekonomi syariah terhadap implementasi prinsip good corporate governance dalam manajemen zakat di LAZ Swadaya Ummah sudah sesuai dengan syariat Islam dan sifat-sifat nabi yaitu Shidiq, Amanah, Tabligh, Fathanah. Kata Kunci: Good Corporate Governance, Manajemen Zakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 27 Jul 2021 02:52
Last Modified: 27 Jul 2021 02:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50430

Actions (login required)

View Item View Item