Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI-MLAI KARAKTER INKLUSIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN

BUKARI (2020) NILAI-MLAI KARAKTER INKLUSIF PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
Tesis FULL kecuali BAB IV_Bukari.pdf

Download (14MB) | Preview
[img] Text
Tesis BAB IV_Bukari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (691kB)

Abstract

Keanekaragaman dapat menjadi modal dasar suatu bangsa atau Negara, jika dipelihara dengan tepat dan baik. Namun di sisi lainnya juga dapat menjadi titik pangkal dari persoalan yang terjadi di masyarakat. Untuk menyikapi hal tersebut, perlu adanya penguatan nilai-nilai karakter di dalam konsep pendidikan multicultural. Baik di dalam ruang lingkup pendidikan, ataupun dalam rangka menjawab permasalahan sosial yang berkaitan dengan multikulturalis dan pluralis yang ada di masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan multikultural dalam perspektif al-Qur’an, dan bagaimana gambaran nilai-nilai karakter inklusif pendidikan mulikultural dalam perspektif al-Qur’an, serta gambaran materi pendidikan agama Islam berbasis karakter inklusif pendidikan multikultural dalam perspektif al-Qur’an. Data dalam penelitian ini adalah buku-buku tentang karakter inklusif, pendidikan multikultural dan tafsir ayat-ayat al-Qur’an mengenai multikultural. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan mekanisme content analysis atau anlisis isi. Selanjutnya arah pembahasan tesis ini adalah untuk menginterpretasikan, menganalisis isi buku sebagai landasan teoretis yang dikaitkan dengan masalah-masalah nilai-nilai karakter inklusif, pendidikan multikultural, nilai-nilai karakter yang terkandung dalam pendidikan multikultural, serta konsep pendidikan multikultural dalam perspektif al-Qur’an. Selanjutnya data tersebut akan dipaparkan secara objektif dan sistematis dalam sebuah bentuk laporan penelitian. Dari hasil peneilitan, maka dapat dipaparkan yaitu: pertama, nilai-nilai karakter inklusif yang terkandung dalam pendidikan multikultural dalam perspektif al-Qur’an, yaitu Ta’aruf, Tawassuth, Tasamuh, Ta’awun, dan Tawazun menggariskan agar kita memiliki apresiasi dan respek terhadap suku, budaya, agama, bahasa dan tradisi kelompok lain, meskipun kita tetap memiliki dan meyakini serta menjaga identitas dan keperibadian kita sendiri, kita juga dapat hidup berdampingan secara damai, saling menghormati, dan dapat bekerja sama dalam perbedaan. Kedua, konsep pendidikan multikultural perlu dijabarkan dalam pengembangan kurikulum dan setiap aktivitas pendidikan. Isi dari kurikulum tersebut harus termuat berbagai pandangan dari ayat-ayat suci al-Qur’an. Hal ini mencakup seluruh siswa tanpa membedakan kelompok seperti gender, etnis, ras, budaya, strata sosial maupun agama, ketiga, materi pendidikan agama Islam berbasis karakter inklusif pendidikan multikultural dalam perspektif al-Qur’an adalah ragam materi yang memuat aspek-aspek multikulturalisme dalam kurikulum pendidikan nasional, dengan berlandaskan kepada ayat-ayat suci alQur’an. Seperti materi ajaran tentang kasih sayang, persaudaraan dan persatuan serta materi terkait dengan isu-isu perdamaian. Materi yang mengacu kepada perspektif al-Qur’an ini menjadi nilai-nilai karakter yang dapat diketengahkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat plural dan multikultural.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Melda Fitriana
Date Deposited: 30 Jun 2021 04:13
Last Modified: 30 Jun 2021 04:13
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50407

Actions (login required)

View Item View Item