Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KETERLAMBATAN PEMBAYARAN UPAH MENURUT PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 78 TAHUN 2015 TENTANG PENGUPAHAN (STUDI PERJANJIAN KERJA PADA PT TRANSPORTASI PEKANBARU MADANI)

PUTRY LUBIS, - (2021) KETERLAMBATAN PEMBAYARAN UPAH MENURUT PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 78 TAHUN 2015 TENTANG PENGUPAHAN (STUDI PERJANJIAN KERJA PADA PT TRANSPORTASI PEKANBARU MADANI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Putry Lubis (2021) Keterlambatan Pembayaran Upah Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan (Studi Perjanjian Kerja pada PT. Transportasi Pekanbaru Madani) Upah sebagai salah satu faktor utama dalam sebuah hubungan kerja seringkali tidak dipenuhi dengan baik oleh pengusaha, sehingga hubungan kerja antara pengusaha dengan pekerja banyak sekali terjadi penyimpangan-penyimpangan. Para pekerja terkadang sangat dirugikan dan diperlakukan secara tidak adil oleh pengusaha sebagai pemberi kerja, yang memperlakukan para pekerjanya semena-mena salah satunya dengan keterlambatan pembayaran upah dan pembayaran upah yang tidak sesuai dengan perjanjian. Masalah keterlambatan pembayaran upah ini, dialami oleh buruh/pekerja pada PT Transportasi Pekanbaru Madani. Informasi mengenai terjadinya keterlambatan pembayaran upah pekerja/buruh di PT Transportasi Pekanbaru Madani. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai pengaturan dan pelaksanaan keterlambatan pembayaran upah pekerja/buruh di PT.Transportasi Pekanbaru Madani dan upaya pekerja/buruh dalam mendapatkan haknya dari keterlambatan pembayaran upah. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui tentang pengaturan dan pelaksanaan keterlambatan pembayaran upah di PT. Transportasi Pekanbaru Madani, apakah telah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015. (2) Untuk mengetahui upaya buruh/pekerja pada PT. Transportasi Pekanbaru Madani dalam mendapatkan upah dan denda keterlambatan pembayaran upah buruh/pekerja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dilihat dari sudut jenisnya tergolong kedalam jenis penelitian Hukum Sosiologis., yaitu penelitian yang dilakukan dilakukan di lapangan yang bertitik tolak pada data primer yakni sumber data yang langsung diberikan kepada pengumpul data melalui observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan menunjukan bahwa PT.transportasi Pekanbaru Madani tidak membayar denda atas keterlambatan pembayaran upah. Hal ini disebabkan karna PT.Transprtasi Pekanbaru Madani tersebut merupakan perusahaan dibawah naungan atau subsidi oleh pemerintah dan adanya kendala dalam defisit keuangan pemerintah kota. Kata Kunci : Upah, Pekerja/Buruh, Keterlambatan Pembayaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 13 Jul 2021 02:09
Last Modified: 13 Jul 2021 02:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50377

Actions (login required)

View Item View Item