Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN USAHA SIMPAN PINJAM BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MEMBERDAYAKAN EKONOMI MASYARAKAT PADA DESA KUAPAN KEC.TAMBANG KAB. KAMPAR

Elpita Wahyuni, - (2021) PERANAN USAHA SIMPAN PINJAM BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MEMBERDAYAKAN EKONOMI MASYARAKAT PADA DESA KUAPAN KEC.TAMBANG KAB. KAMPAR. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (BAB V)
File Hasil Penelitian ( Bab V dan atau Bab VI).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (699kB)
[img]
Preview
Text
File lengkap sampai lampiran kecuali hasil penelitian ( Bab V dan atau Bab VI).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PERANAN USAHA SIMPAN PINJAM BADAN USAHA MILIK DESA DALAM MEMBERDAYAKAN EKONOMI MASYARAKAT PADA DESA KUAPAN KEC. TAMBANG KAB. KAMPAR OLEH : ELPITA WAHYUNI 11770523485 Penelitian ini membahas tentang Peranan Usaha Simpan Pinjam dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat pada Desa Kuapan Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan usaha simpan pinjam badan usaha milik desa dalam memberdayakan ekonomi masyarakat pada Desa Kuapan Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar. Untuk mengetahui peranan usaha simpan pinjam badan usaha milik desa dalam memberdayakan ekonomi masyarakat, ada 6 indikator yang menjadi ukuran, yaitu : mendorong kegiatan perekonomian, meningkatkan kreatifitas berwirausaha, mendorong usaha sektor informal, menghindari pengaruh bunga tinggi yang merugikan masyarakat, meningkatkan peranan bantuan modal dan memelihara dan meningkatkan adat kebiasaan gotong royong. Jenis dari penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini adalah Kepala desa, Pengurus BUMDes dan Masyarakat yang berjumlah 53 orang. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara dan angket dengan pilihan jawaban berskala Likert. Berdasarkan hasil penyebaran angket didapatkan bahwa Peranan Usaha Simpan Pinjam dalam Memberdayakan Ekonomi Masyarakat pada Desa Kuapan Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar berada pada kategori sangat baik, hal ini disimpulkan dari rata-rata kualitatif yang berjumlah 89,46%, sedangkan untuk ppemanfaat dana BUMDes masih kurang optimal, hal ini disimpulkan dari banyaknya pemanafaat yang masih menunggak pembayaan. Kata Kunci : Peranan, BUMDes, Simpan Pinjam, Ekonomi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 03 Jul 2021 08:03
Last Modified: 03 Jul 2021 08:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50375

Actions (login required)

View Item View Item