Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KREDITUR TERKAIT JAMINAN YANG DI KLAIM PIHAK KETIGA PADA BRI SYARIAH CABANG ARIFIN AHMAD PEKANBARU

SURADI RIO, - (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KREDITUR TERKAIT JAMINAN YANG DI KLAIM PIHAK KETIGA PADA BRI SYARIAH CABANG ARIFIN AHMAD PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Perlindungan Hukum Terhadap Kreditur Terkait Jaminan Yang Di Klaim Pihak Ketiga Pada Bri Syariah Cabang Arifin Ahmad Pekanbaru. Latar belakang skripsi ini ialah dalam proses pemberian kredit yang dilakukan oleh pihak bank selaku kreditur kepada debitur, sering terjadi bahwa pihak kreditur di rugikan oleh wanprestasi dari pihak debitur, selain itu adanya klaim dari pihak ketiga atas objek yang di jadikan jaminan hak tanggungan oleh debitur juga dapat merugikan pihak bank sebagai kreditur. Oleh karena itu rumusan masalah yang penulis bahas ialah mengenai perlindungan hukum terhadap kreditur atas jaminan yang di klaim pihak ketiga tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perlindungan Hukum terhadap kreditur terkait jaminan yang di klaim pihak ketiga pada BRI Syariah cabang Arifin Ahmad Pekanbaru dan untuk mengetahui upaya penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh pihak BRI Syariah cabang Arifin Ahmad Pekanbaru terkait jaminan yang di klaim pihak ketiga. Metode penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini ialah metode yuridis empiris. Sedangkan teknik pengumpulan data yang penulis gunakan dalam skripsi ini ialah pengamatan (observation, wawancara (interview) dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa secara umum perlindungan hukum terhadap kreditur terkait jaminan yang di klaim pihak ketiga secara umum di atur dalam Undang-undang Perbankan dan Undang-undang Hak Tanggungan. Bentuk perlindungan hukum yang diberikan kepada kreditur ketika objek jaminan dikuasai oleh pihak ketiga dan debitur wanprestasi dalam suatu perjanjian kredit dengan jaminan hak tanggungan yaitu terdapat pada perjanjian kredit itu sendiri. Upaya penyelesaian sengketa yang dilakukan oleh pihak BRI Syariah apabila terjadi klaim dari pihak ketiga terkait objek yang dijadikan jaminan hak tanggungan ialah melalui jalur litigasi. Apabila terbukti bahwa objek yang di jadikan sebagai jaminan hak tanggungan tersebut adalah milik pihak ketiga sebagai penggugat maka untuk menyelamatkan asetnya pihak BRI Syariah memerintahkan kepada nasabah atau debitur untuk melunasi hutangnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Jun 2021 06:23
Last Modified: 30 Jun 2021 06:23
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50371

Actions (login required)

View Item View Item