Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP RETENSI PELANGGAN PADA KOPERASI SYARIAH BMT AL- ITTIHAD PEKANBARU

Reni Pratiwi, - (2021) PENGARUH PENERAPAN PRINSIP ETIKA BISNIS ISLAM TERHADAP RETENSI PELANGGAN PADA KOPERASI SYARIAH BMT AL- ITTIHAD PEKANBARU. Thesis thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Reni Pratiwi (2020) : Pengaruh Penerapan Prinsip Etika Bisnis Islam terhadap Retensi Pelanggan pada Koperasi Syariah Bmt Al- Ittihad Pekanbaru Etika bisnis muncul ketika kegiatan bisnis tidak luput dari sorotan etika. Menipu dalam bisnis, mengurangi timbangan atau takaran, merupakan contoh-contoh konkrit adanya hubungan antara etika dan bisnis. Etika bisnis Islam bertujuan mengajarkan manusia untuk menjalin kerjasama dalam rangka tolong-menolong dan menjauhkan diri dari hal-hal yang tidak sesuai dengan prinsip syari‟ah. Etika bisnis Islam muncul sebagai solusi dari permasalahan etika di dunia bisnis saat ini. Terlebih etika bisnis Islam sebagai nilai-nilai yang secara langsung berkaitan dengan agama. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh secara persial dan simultan antara variabel keesaan, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebenaran terhadap customer retention pada Koperasi Syariah BMT Al Ittihad di Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan metode penelitian kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan metode kuisioner, dokumentasi dan wawancara kepada responden, adapun jumlah responden pada penelitian ini berjumlah 100 orang dan lokasi penelitian berada di Kota Pekanbaru, dalam pengolahan data menggunakan program SPSS for Windows versi 23,0. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil (1) keesaan berpengaruh negatif terhadap customer retention, (2) keadilan berpengaruh positif terhadap customer retention, (3) kehendak bebas berpengaruh positif terhadap customer retention, (4) tanggung jawab berpengaruh positif terhadap customer retention, (5) kebenaran berpengaruh positif terhadap customer retention. Adapun secara simultan etika bisnis Islam berpengaruh terhadap customer retention sebesar 68,6%. Artinya variabel keesaan, keadilan, kehendak bebas, tanggung jawab dan kebenaran berpengaruh terhadap customer retention di BMT Al Ittihad Pekanbaru. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Retensi Pelanggan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Ekonomi Syariah
Depositing User: pps -
Date Deposited: 02 Jul 2021 04:14
Last Modified: 02 Jul 2021 04:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50357

Actions (login required)

View Item View Item