Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN MENURUT PSAK 101 ( Studi Kasus Pada Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) Amanah Belilas Indragiri Hulu Periode 2019)

ASRI MAYOLI, - (2021) ANALISIS PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN MENURUT PSAK 101 ( Studi Kasus Pada Baitul Mal Wa Tamwil (BMT) Amanah Belilas Indragiri Hulu Periode 2019). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI ASRI MAYOLI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ANALISIS PENYAJIAN LAPORAN KEUANGAN MENURUT PSAK 101 (Studi Kasus Pada Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Amanah Belilas Indragiri Hulu Periode 2019) Disusun Oleh : ASRI MAYOLI NIM. 11673202275 Baitul Maal Wa Tamwil (BMT) Merupakan salah satu model lembaga keuangan syariah yang paling sederhana yang saat ini banyak muncul di Indonesia bahkan sudah mencapai ribuan BMT, yang bergerak dikalangan masyarakat ekonomi bawah dan berupaya mengembangkan usaha-usaha produktif dan investasi dalam rangka meningkatkan ekonomi bagi pengusaha kecil yang berdasarkan prinsip-prinsip syariah yang kemudian disalurkan melalui pembiayaan-pembiayaan. Penelitian ini dilakukan pada BMT Amanah Belilas. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa kesesuaian penyusunan laporan keuangan pada BMT Amanah Belilas dengan PSAK No. 101. Metode penelitian ini adalah dengan metode deskriptif kualitatif. Metode penelitian kualitatif ini juga disebut metode penelitian naturalistic karena penelitiannya pada kondisi alamiah. teknik pengumpulan data dengan melakukan pengamatan langsung, dokumentasi, dan wawancara langsung dengan pihak BMT Amanah Belilas yang terkait dengan laporan keuangan tersebut. Sedangkan sumber data berasal dari peraturan yang berlaku, media, dan dokumen . Hasil penelitian menunjukkan bahwa laporan keuangan BMT Amanah Belilas sebagian sudah diterapkan oleh BMT Amanah Belilas, namun ada beberapa yang belum sesuai dengan PSAK No. 101 antara lain : BMT Amanah Belilas belum membuat laporan sumber dan penggunaan dana zakat, laporan sumber dan penggunaan dana kebajikan, dan juga Rekonsilisi Pendapatan dan Bagi Hasil. Laporan keuangan yang disajikan hanyalah Laporan Posisi Keuangan, Laba Rugi, Perubahan Ekuitas, Arus Kas, dan Catatan atas laporan keuangan. Pada laporan Posisi Keuangan BMT Amanah Belilas tidak memasukkan dana syirka temporer. Dari 8 komponen penyajian laporan keuangan masih ada beberapa komponen secara penamaan pun masih belum sesuai dengan ketentuan penamaan yang diatur dalam PSAK 101. Dengan penelitian ini diharapkan BMT Amanah Belilas menerapkan laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK No.101. Kata Kunci : Laporan Keuangan, PSAK No. 101

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 30 Jun 2021 06:49
Last Modified: 30 Jun 2021 06:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50352

Actions (login required)

View Item View Item