UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENGENAL KITAB-KITAB ALLAH MELALUI METODE PENGULANGAN DENGAN TUTOR SEBAYA KELAS V DI SDN 047 RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR

Nursamsi, (2010) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MURID PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI MENGENAL KITAB-KITAB ALLAH MELALUI METODE PENGULANGAN DENGAN TUTOR SEBAYA KELAS V DI SDN 047 RUMBIO KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2011292.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh: 1) Hasil belajar yang diperoleh murid belum optimal, hal ini terlihat dari nilai rapor khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, lebih dari 60% dari seluruh murid yang belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 7,5 yang ditetapkan. 2) Saat proses pembelajaran murid terkesan sulit memahami materi yang disampaikan oleh guru terutama materi yang berhubungan dengan materi pelajaran, hal ini terlihat bahwa lebih dari 70% murid jarang menjawab pertanyaan yang diberikan oleh gurunya. 3) Dalam proses pembelajaran murid cenderung lebih banyak diam, hanya menerima materi yang disampaikan oleh guru, tanpa ada memberikan pertanyaan ataupun tanggapan. Berdasarkan latar belakang masalah, maka dapat dirumuskan masalah penelitian ini yaitu Apakah hasil belajar murid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V SDN 047 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar dapat ditingkatkan melalui metode pengulangan dengan strategi tutor sebaya?. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V tahun pelajaran 2010- 2011. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 047 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Kemudian tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan 4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa kelas V SDN 047 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar Pada sebelum dilakukan tindakan hasil belajar siswa tergolong kurang dengan rata-rata 49%, terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 66%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus II juga terjadi peningkatan dengan rata-rata 76% dengan kategori baik, hal ini membuktikan bahwa dengan metode pengulangan dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN 047 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Berdasarkan hasil belajar belajar siswa yang diperoleh pada siklus II, dapat diketahui hasil belajar siswa telah mencapai kriteria keberhasilan, yaitu 75%. Untuk itu, tindakan yang peneliti lakukan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas V SDN 047 Rumbio Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar hanya pada siklus II, karena sudah jelas hasil belajar siswa yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum > 375.001 Perkembangan Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 21 Dec 2015 06:05
Last Modified: 21 Dec 2015 06:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/50

Actions (login required)

View Item View Item