Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Strategi Pembelajaran Kontekstual : Analisis terhadap Perkembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

Dewi Mutmainnah, Dewi (2021) Strategi Pembelajaran Kontekstual : Analisis terhadap Perkembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini melalui Strategi Pembelajaran Kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Jenis penelitian kepustakaan ini adalah analisis buku teks menggunakan pendekatan interpretatif yaitu mencari penjelasan didasarkan kepada prespektif dan pengalaman orang-orang yang diteliti dalam konteks penelitian kepustakaan, subjeknya adalah bahan-bahan pustaka. Sumber data yang digunakan adalah sumber primer bahan pustaka yang menjadi kajian utama atau pokok penelitian yaitu buku Strategi Pembelajaran PAUD dan buku Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Sumber sekundernya adalah dokumen-dokumen yang dapat menjelaskan tentang sumber primer berupa majalah, dokumen hasil seminar, artikel dan lain-lain. Sedangkan dokumen tersier adalah dokumen-dokumen yang dapat menjelaskan tentang dokumen primer dan sekunder, seperti kamus dan ensiklopedi. Adapun teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan cara menghimpun informasi yang relevan dengan masalah yang sedang diteliti. Teknik analisis data memanfaatkan metode analisis teks dan wacana. Berdasarkan hasil penelitian pustaka yang dilakukan oleh penulis, dapat disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran kontekstual dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini. Karena, dengan menggunakan strategi pembelajaran kontekstual sistem pembelajaran dikaitkan pada pengetahuan, pengalaman dunia nyata, berpikir, berpusat pada anak dan pembelajaran dikaitkan ke dalam benda-benda secara nyata, sehingga materi tersebut tertanam dalam pemahaman anak dan materi yang didapat melalui pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan aspek-aspek perkembangan anak salah satunya aspek kemampuan kognitif. Hal ini dibuktikan dengan anak dapat mengenali benda-benda disekitar, dan mengetahui benda dari segi ukuran, bentuk dan warnanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Kontekstual. Kemampuan Kognitif.
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 30 Jun 2021 02:18
Last Modified: 30 Jun 2021 02:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49967

Actions (login required)

View Item View Item