Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kontribusi Program Bank Sampah Bukit Hijau Berlian dalam Pemberdayaan masyarakat berbasis Lingkungan di RT 02 RW 02 Perumahan UNRI Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru

Nurhasanah, Sanah (2021) Kontribusi Program Bank Sampah Bukit Hijau Berlian dalam Pemberdayaan masyarakat berbasis Lingkungan di RT 02 RW 02 Perumahan UNRI Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh lingkungan yang sampai saat ini belum terselesaikan yaitu masalah sampah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Kontribusi Program Bank Sampah Bukit Hijau Berlian dalam Pemberdayaan Masyarakat berbasis Lingkungan di RT 02 RW 02 Perumahan UNRI Kelurahan Airputih Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru?. Adapun metodologi penelitian mencakup jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 2 kategori yaitu informan kunci berjumlah 2 orang yaitu ketua dan pengurus bank sampah bukit hijau berlian yaitu Ibu Syarifah Anum, Ibu Yeni dan informan pendukung berjumlah 6 orang terdiri dari masyarakat penabung sampah (nasabah) Bank Sampah Bukit Hijau Berlian. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kontribusi program bank sampah bukit hijau berlian yang ada hanya 2 fungsi program yang dijalankan yang berkontribusi dalam membersihkan lingkungan dalam kontek penyadaran masyarakat hanya dua hal : pertama, reduce Bank Sampah Bukit Hijau Berlian melakukan a. sosialisasi b. pemilahan sampah. Nasabah Bank Sampah Bukit Hijau Berlian melakukan Pengumpulan dan pemilahan sampah, Penyetoran sampah, Penimbangan sampah, Pencatatan hasil penimbangan sampah dan Penjualan sampah. Kedua, Reuse (memanfaatkan ulang sampah) a. jenis sampah yang di tabung di bank sampah menurut standarnya bank sampah bukit hijau berlian. b. sampah yang di olah Bank Sampah Bukit Hijau Berlian untuk dimanaatkan kembali. c. fasilitas bank sampah bukit hikau berlian (sarana dan prasarana).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bank Sampah, Pemberdayaan Masyarakat
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 30 Jun 2021 02:38
Last Modified: 30 Jun 2021 02:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49928

Actions (login required)

View Item View Item