Deni Putra Erja, - (2021) Pengaruh Merk dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Mie Instan Indomie Ditinjau dari Persepektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus pada Pelanggan Minimarket Angkasa Pekanbaru). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (518kB) |
||
|
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Deni Putra Erja (2021) : Pengaruh Merk dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Mie Instan Indomie Ditinjau dari Persepektif Ekonomi Syariah (Studi Kasus pada Pelanggan Minimarket Angkasa Pekanbaru) Seseorang dalam melakukan keputusan pembelian, konsumen akan melewati lima tahapan yaitu: pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan perilaku pasca pembelian. Penjualan mie instan Indomie di Minimarket Angkasa Pekanbaru tahun 2018 mengalami penurunan. Selanjutnya di tahun 2019 juga mengalami penurunan kembali menjadi 2.716 orang. Padahal sekarang produk mie instan indomie terakhir banyak varian rasanya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah merk dan variasi produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan mie instan indomie pada Pelanggan Minimarket Angkasa Pekanbaru? Bagaimana Persepektif Ekonomi Syariah tentang merk dan variasi produk terhadap keputusan pembelian produk makanan mie instan indomie pada Pelanggan Minimarket Angkasa Pekanbaru? Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang ada di Minimarket Angkasa di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru sebanyak 63.685 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Maka, diperoleh hasil jumlah sampel minimal yang dibutuhkan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Angket dan Dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah metode Deskriptif Kuantitatif dengan regresi linear berganda dan uji hipotesis menggunakan SPSS 21. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan variabel merk dan variasi produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk makanan mie instan indomie pada Pelanggan Minimarket Angkasa Pekanbaru. Pengaruh ketiga variabel tersebut adalah sedang karena nilai R Square sebesar 38.8%. Tinjauan Ekonomi Syariah tentang pengaruh merk dan variasi produk terhadap keputusan pembelian produk makanan mie instan indomie pada Pelanggan Minimarket Angkasa Pekanbaru telah sesuai dengan nilai-nilai dasar serta intrumental ekonomi Syariah, yaitu tidak adanya unsur riba, adanya kerjasama yang baik serta memiliki harga yang sesuai dengan produknya dan dapat dijangkau oleh masyarakat Kata Kunci: Merk, Variasi Produk, Keputusan Pembelian
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah |
Depositing User: | fasih - |
Date Deposited: | 26 Jun 2021 05:18 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 05:18 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49919 |
Actions (login required)
View Item |