Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN MODEL INQUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MTS KELAS VII PONDOK PESANTREN ANSHOR AL-SUNNAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Fernando, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL INQUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MTS KELAS VII PONDOK PESANTREN ANSHOR AL-SUNNAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI FERNANDO.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fernando, (2021): Pengaruh Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa MTs Kelas VII Pondok Pesantren Anshor Al-Sunnah Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Penelitian ini dilatar belakangi masih kurangnya keterampilan proses sains peserta didik di MTs Pondok Pesantren Anshor Al-Sunnah. Pendidik melihat sukses atau tidaknya proses pembelajaran hanya dari penilaian hasil akhir belajar peserta didik, padahal proses pembelajaran juga dipengaruhi keterampilan proses dan berpengaruh terhadap hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa MTs kelas VII Pondok Pesantrren Anshor Al-Sunnah pada materi Pencemaran Lingkungan. Model inkuiri terbimbing ini merupakan salah satu solusi yang dapat melibatkan secara langsung proses pembelajaran dan meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen yang melibatkan kelas eksperimen (VII A2) dan kelas kontrol (VII A3). Data dikumpulkan melalui soal tes dan lembar observasi. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t dengan bantuan SPSS 23 dan data lembar observasi menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji statistik dengan bantuan SPSS 23 menunjukkan nilai signifikan (Sig. 2-tailed) yang di dapat sebesar 0.008 lebih kecil dari taraf signifikan sebesar 0.05, dapat dikatakan bahwa Sig. (2-tailed) < sig (0.008 < 0.05). Rata-rata nilai keterampilan proses sains pada kelas VII A2 sebagai kelas eksperimen sebesar 83,89 sedangkan pada kelas VII A3 sebagai kelas kontrol sebesar 75,56. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga penerapan model inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap keterampilan proses sains peserta didik kelas VII materi pencemaran lingkungan. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Proses Sains, Pencemaran Lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 26 Jun 2021 04:55
Last Modified: 26 Jun 2021 04:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49908

Actions (login required)

View Item View Item