Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

VOLTAGE IMPROVEMENT ANALYSIS OF 20 KV FEEDER WITH TRANSFORMER CHANGING TAP AND PLACING THE BANK CAPACITY ON THE FEEDER MAROKO TAPUNG DEPARTMENT IN CUSTOMER SERVICE UNIT DURI

Julian Milano, - (2021) VOLTAGE IMPROVEMENT ANALYSIS OF 20 KV FEEDER WITH TRANSFORMER CHANGING TAP AND PLACING THE BANK CAPACITY ON THE FEEDER MAROKO TAPUNG DEPARTMENT IN CUSTOMER SERVICE UNIT DURI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
FILE SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)

Abstract

Julian Milano (2021)Analisis Perbaikan Tegangan Penyulang 20 kV dengan Transformator Mengubah Tap dan Menempatkan Kapasitor Bank Pada Penyulang Maroko Jurusan Tapung di Unit Layanan Pelanggan Duri Penyulang Maroko Jurusan Tapung merupakan Penyulang 20 kV dengan jatuh tegangan paling besar di wilayah PT. PLN (PERSERO), ULP Duri. Jatuh tegangan nya adalah sebesar 16 % terhadap tegangan nominalnya. Pada skripsi ini akan dilakukan perbaikan tegangan pada Penyulang Maroko Jurusan Tapung menggunakan bantuan simulasi software ETAP 12.6.0. Perbaikan tahap pertama dengan menaikkan tap sebesar 5 % pada sisi sekunder Transformator Daya Unit 1 Gardu Induk Balai Pungut. Perbaikan tahap kedua dengan menempatkan satu buah kapasitor bank shunt berkapasitas 400 kVAR pada bus 172. Perbaikan tahap ketiga dengan menaikkan tap sebesar 2.5 % di sisi sekunder pada 32 transformator distribusi dan menaikkan tap sebesar 5 % di sisi sekunder pada 13 transformator distribusi. Hasilnya, setelah simulasi nilai tegangan paling rendah pada jaringan tegangan menengah adalah 91.69 % dan pada jaringan tegangan rendah adalah 90.47 %. Sehingga disimpulkan, nilai tegangan setelah melakukan perbaikan tegangan tersebut memenuhi standar SPLN 1 : 1987 yaitu +5 % dan -10 % terhadap tegangan nominal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Elektro
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 30 Jun 2021 06:14
Last Modified: 30 Jun 2021 06:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49894

Actions (login required)

View Item View Item