Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENDISTRIBUSIAN ZAKAT SECARA INDIVIDU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi kasus di Kelurahan Teluk Medan Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau)

ARBAIN, - (2021) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENDISTRIBUSIAN ZAKAT SECARA INDIVIDU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi kasus di Kelurahan Teluk Medan Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK ARBAIN(2021) : Persepsi Masyarakat Terhadap Pendisrtibusian Zakat SecaraIndividu Menurut Hukum Islam di Kelurahan Teluk Medan Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masyarakat kelurahan teluk medan yang membayar zakat kepada ustadz dan guru ngaji. Sedangkan dalam Islam sudah ada ayat yang memerintahkan agar membayar zakat kepada orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mu'allaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan untuk mereka yuang sedang dalam perjalanan. Masyarakat muslim seharusnya memahami siapa yang berhak menerima zakat dan siapa yang tidak berhak menerima zakat, karena menurut hukum Islam hanya 8 asnaf yang berhak menerima zakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana persepsi masyarakat mengenai pendistribusian zakat secara individu di Kelurahan Teluk Medan Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir, Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap pendisitribusian zakat secara individu di Kelurahan Teluk Medan Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir, dan Bagaimana menurut hukum Islam terhadap pendistribusian zakat secara individu di Kelurahan Teluk Medan Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis yaitu yaitu penelitian lapangan yang betitik tolak dari data primer atau data yang diperoleh alangsung dari wawncara yaitu kepada tokoh agama dan tokoh masyarakat serta penyebaran angket kepada 55 orang masyarakat di RW 002 Kelurahan Teluk Medan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriktif kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, kuisioner, dokumentasi, dan pustaka. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa setengah dari masyarakat di Kelurahan Teluk Medan yang membayar zakat kepada ustadz dan guru ngaji.Faktor yang mempengaruhi masyarakat membayar zakat kepada Ustadz dan guru ngaji adalah karena faktor pendidikan agama yang membuat kurangnya pemahaman terhadap 8 asnaf yang berhak menerima zakat di dalam Al-Qur‟an. Kata Kunci : Persepsi Masyarakat, Pendistribusian, Zakat, Hukum Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.54 Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 26 Jun 2021 05:04
Last Modified: 26 Jun 2021 05:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49872

Actions (login required)

View Item View Item