Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN PELAKU UMKM DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK EMKM (Studi Empiris UMKM di Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu)

MEY SUSI SETYO WATI, - (2021) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN PELAKU UMKM DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK EMKM (Studi Empiris UMKM di Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Skripsi Mey Susi Setyo Wati.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN PELAKU UMKM DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BERDASARKAN SAK EMKM (Studi Empiris UMKM di Kecamatan Kepenuhan Hulu Kabupaten Rokan Hulu) OLEH: MEY SUSI SETYO WATI NIM. 11773201161 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui/menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, latar belakang pendidikan, skala usaha, umur usaha dan informasi & sosialisasi terhadap pemahaman pelaku UMKM dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM pada UMKM di Kecamatan Kepenuhan Hulu. Populasi dalam penelitian ini adalah 88 UMKM dari berbagai sektor yang sudah terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM di Kecamatan Kepenuhan Hulu. Teknik penentuan sampel menggunakan total sampling. Sampel dalam penelitian ini seluruh UMKM di Kecamatan Kepenuhan Hulu yang berjumlah 88 UMKM. Jenis data yang digunakan adalah data primer, yang diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner secara langsung kepada respoden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini yaitu: (a) Tingkat pendidikan pelaku usaha tidak berpengaruh terhadap pemahaman pelaku UMKM dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM dengan nilai t-statistik 1,264 dan nilai p-value 0,207; (b) Latar belakang pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman pelaku UMKM dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM dengan nilai t-statistik 2,531 dan nilai p-value 0,012; (c) Skala usaha tidak berpengaruh terhadap pemahaman pelaku UMKM dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM dengan nilai t-statistik 0,881 dan nilai p-value 0,379; (d) Umur usaha tidak berpengaruh terhadap pemahaman pelaku UMKM dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM dengan nilai t-statistik 0,718 dan nilai p-value 0,473; (e) Informasi & sosialisasi berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman pelaku UMKM dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM dengan nilai t-statistik 9,458 dan nilai pvalue 0,000. Kata Kunci: Pemahaman pelaku UMKM dalam penyusunan laporan keuangan berdasarkan SAK EMKM, tingkat pendidikan, latar belakang pendidikan, skala usaha, umur usaha dan informasi & sosialisasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:37
Last Modified: 29 Jun 2021 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49870

Actions (login required)

View Item View Item