Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH PENERAPAN SISTEM BLOK DAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI KASUS DI SMK NEGERI PERTANIAN TERPADU PROVINSI RIAU

IMRON MUSLIMIN, - (2021) PENGARUH PENERAPAN SISTEM BLOK DAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM STUDI KASUS DI SMK NEGERI PERTANIAN TERPADU PROVINSI RIAU. Disertasi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
TESIS LENGKAP KECUALI BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Imron Muslimin, (2021) : Pengaruh Penerapan Sistem Blok dan Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan sistem blok dan metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII PAI SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau yang beragama Islam dengan jumlah 429. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik probability sampling yaitu simple random sampling dengan menggunakan rumus Slovin tingkat kesalahan 5%, sehingga jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 207 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik angket yang dianalisis menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan nilai t hitung untuk variabel penerapan sistem blok (X1) adalah 2, 898 dan nilai variabel penerapan metode resitasi (X2) adalah 2. 939, sedangkan nilai t tabel untuk n =207 dengan derajat bebas n-k-1 = 204 dan tingkat kepercayaan 5% diperoleh nilai sebesar 2,258. Sehingga disimpulkan variabel penerapan sistem blok dan metode resitasi secara parsial berpengengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Nilai f untuk variabel penerapan sitem blok dan metode resitasi adalah 26,126 lebih besar dari nilai f tabel yakni 3,040, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama penerapan sistem blok dan metode resitasi terhadap hasil belajar peserta didik. Sementara berdasarkan uji R2 diketahui bahwa nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,204, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh sistem blok dan metode resitasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah sebesar 20,4%. Artinya adalah bahwa sumbangan pengaruh variabel penerapan sistem blok dan metode resitasi secara bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Negeri Pertanian Terpadu Provinsi Riau adalah sebesar 20,4%. Sedangkan 79,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukan dalam penelitian ini. Kata Kunci: Sistem Blok, Resitasi dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Disertasi)
Subjects: 000 Karya Umum > 001 Ilmu Pengetahuan
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 29 Jun 2021 03:50
Last Modified: 29 Jun 2021 03:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49860

Actions (login required)

View Item View Item