Cahyani Elvira, - (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK DI SMPN 1 KAMPAR KIRI TENGAH. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI CAHYANI ELVIRA.pdf Download (13MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Cahyani Elvira (2021) : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik SMPN 1 Kampar Kiri Tengah Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran IPA di SMPN 1 Kampar Kiri Tengah masih bersifat teacher centered sehingga belum memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat secara aktif selama proses pembelajaran untuk lebih mengembangkan pengetahuannya hal ini dapat menyebabkan kurang terlatihnya keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model learning cycle 7E terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik. Bentuk penelitian ini adalah Quasy Eksperiment. Desain penelitiannya adalah ―Nonequivalent Control Group” yaitu melibatkan satu kelas eksperiment dan satu kelas kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 1 Kampar Kiri Tengah dengan pemilihan sampel adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yaitu kelas yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperiment yang mendapatkan penerapan model pembelajaran learning cycle 7E kemudian kelas VII B sebagai kelas kontol yang mendapatkan penerapan model pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan dengan test tertulis pretest dan posttest, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test dengan menggunakan software SPSS versi 23.0. Hasil pengolahan data akhir diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari taraf sig. α sebesar 0.05 (0.000 < 0.05). Rata-rata nilai keterampilan berpikir kritis yang diperoleh kelas eksperiment adalah 71.9922 sedangkan rata-rata yang diperoleh kelas kontrol adalah 43.0417, hal ini dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat pengaruh model pembelajaran learning cycle 7E terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VII SMPN 1 Kampar Kiri Tengah pada materi energi dalam sistem kehidupan. Kata Kunci : Learning Cycle 7E, Keterampilan Berpikir Kritis, Energi Dalam Sistem Kehidupan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 000 Karya Umum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 03:54 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 03:54 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49855 |
Actions (login required)
View Item |