Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

UPAYA KANTOR URUSAN AGAMA MENENTUKAN SAKSI ADIL DALAM PERNIKAHAN DI KECAMATAN LIMAPULUH DAN KECAMATAN PAYUNG SEKAKI

M. Arif Payan, - (2021) UPAYA KANTOR URUSAN AGAMA MENENTUKAN SAKSI ADIL DALAM PERNIKAHAN DI KECAMATAN LIMAPULUH DAN KECAMATAN PAYUNG SEKAKI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK M. Arif Payan (2021) : Upaya Kantor Urusan Agama Menentukan Saksi Adil Dalam Pernikahan Di Kecamatan Limapuluh Dan Kecamatan Payung Sekaki Saksi yang adil merupakan salah satu syarat persaksian dalam keabsahan suatu pernikahan dan kehadirannya mutlak yang diterangkan dalam pasal 25 Kompilasi Hukum Islam, dimana kriterianya harus diketahui oleh Kepala Kantor Urusan Agama / Pegawai Pencatat Nikah dan Penghulu di Kantor Urusan Agama. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah bagaimana upaya Kantor Urusan Agama menentukan saksi adil dalam pernikahan di kecamatan Limapuluh dan kecamatan Payung Sekaki, dan apa faktor-faktor yang mempengaruhi upaya Kantor Urusan Agama menentukan saksi adil dalam pernikahan di kecamatan Limapuluh dan kecamatan Payung Sekaki. Penelitian ini merupakan jenis penelitian hukum sosiologis hukum Islam, yaitu penelitian hukum dengan cara melakukan survei langsung ke lapangan (objek penelitian). Lokasi penelitian dilakukan di dua tempat, yaitu Kantor Urusan Agama kecamatan Limapuluh dan kecamatan Payung Sekaki. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 90 orang, sedangkan untuk sampel berjumlah 6 orang dengan teknik Purposive Sampling. Sumber data dalam penelitian ini berupa dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder yang berasal dari wawancara langsung kepada Kepala Kantor Urusan Agama / Pegawai Pencatat Nikah, Penghulu, dan Staf Administrasi Nikah serta data-data yang berhubungan dengan penelitian ini. Dalam pengumpulan data dilakukan melalui observasi, teknik wawancara dan dokumentasi yang kemudian data tersebut dianalisis dengan teknik analisis data deskriftif kualitatif. Dari hasil penelitian, secara keseluruhan tertuju kepada verifikasi dan pandangan kepala Kantor Urusan Agama / Pegawai Pencatat Nikah, Penghulu, dan Staf Administrasi Nikah di Kantor Urusan Agama Kecamatan Limapuluh dan Payung Sekaki dalam pemilihan saksi nikah yang adil. Dalam prosesnya pihak Kantor Urusan Agama tersebut belum sepenuhnya melakukan verifikasi terhadap syarat adil bagi saksi nikah. Penerapan syarat adil yang dilakukan oleh Pegawai Pencatat Nikah dalam pelaksanaan perkawinan di Kantor Urusan Agama tempat dilakukannya penelitian yaitu berlandaskan kepada husnuzan dan adil secara lahiriah yang berdasarkan pada sisi penampilan / fisik seorang saksi dan hal tersebut memang tidak keluar dari koridor hukum islam (fiqih) dan juga Kompilasi Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jun 2021 04:43
Last Modified: 24 Jun 2021 04:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49811

Actions (login required)

View Item View Item