Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PROMOSI PADA MINIMARKET 212 MART KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM

SITI AMINAH GULTOM, - (2021) STRATEGI PROMOSI PADA MINIMARKET 212 MART KELURAHAN TUAH KARYA KECAMATAN TAMPAN KOTA PEKANBARU DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DITINJAU DARI EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Ngeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Aminah Gultom, (2020): Strategi Promosi Pada Minimarket 212 Mart Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Ditinjau Dari Ekonomi Islam. Latar belakang penelitian ini adalah salah satu minimarket berperinsip syariah yang berada di Kecamatan Tampan, yaitu Minimarket 212 Mart beralamat di Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Dalam teori dikatakan bahwa strategi promosi yang bagus akan dapat menarik konsumen dan dapat bersaing dengan usaha-usaha lain. Berdasarkan fenomena dilapangan bahwa Minimarket 212 Mart yang memiliki prinsip syariah dan telah melakukan strategi promosi dengan sebaik mungkin, namun masih terdapat temuan fenomena diawal yaitu salah seorang konsumen mengatakan Minimarket 212 Mart belum menyediakan kebutuhan secara lebih lengkap, untuk dapat bertahan Minimarker 212 Mart harus lebih meningkatkan strategi promosi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi promosi pada Minimarket 212 Mart Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dalam menghadapi persaingan bisnis? (2) Bagaimana kendala dan solusi strategi promosi pada Minimarket 212 Mart Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dalam menghadapi persaingan bisnis? (3) Bagaimana strategi promosi pada Minimarket 212 Mart Kelurahan Tuah Karya Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru dalam menghadapi persangan bisnis ditinjau dari Ekonomi Islam?. Populasi dalam penelitian ini adalah direktur, manajer dan karyawan di Minimarket 212 Mart sebanyak 12 orang. Karena jumlah populasi yang relatif sedikit maka penulis mengambil sampel dari seluruh jumlah populasi yaitu dengan menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi promosi dalam menghadapi persaingan usaha Minimarket 212 Mart adalah melalui dua media promosi yaitu dari mulut ke mulut serta menggunakan media online. (2) Terkait kendala dan solusi strategi promosi Minimarket 212 Mart dalam menghadapi persaingan bisnis adalah dalam melakukan promosi dari mulut ke mulut terkendala dalam hal target promosi, karena informasi tentang Minimarket 212 Mart ini hanya disampaikan kepada orang yang dikenal seperti teman-teman, keluarga dan sanak saudara sehingga jangkauan promosi tidak terlalu luas. Solusi untuk menghadapi kendala tersebut adalah dengan menggunakan media online. Selain promosi diatas digunakan untuk menghadapi kendala yang dialami, solusi lain yang dilakukan yaitu dengan melakukan peningkatan kualitas produk, peningkatan pelayanan yang akan diberikan kepada konsumen, dan peningkatan fasilitas. (3) Tinjauan ekonomi Islam mengenai strategi promosi pada Minimarket 212 Mart dalam menghadapi persaingan bisnis secara umum telah sesuai dengan prinsip ekonomi Islam. Hal tersebut terlihat dari promosi yang dilakukan selalu mengedepankan moral dan etika. Selain itu sikap hati-hati dalam promosi juga sangat penting untuk dilakukan, agar tidak ada pihak-pihak yang dirugikan. Kata kunci: Strategi Promosi, Persingan Bisnis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jun 2021 03:21
Last Modified: 24 Jun 2021 03:22
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49805

Actions (login required)

View Item View Item