Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH HARGA BAJU GAMIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI PASAR TRADISIONAL SELASA KECAMATAN TAMPAN DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH

NURUL HIMMAH, - (2021) PENGARUH HARGA BAJU GAMIS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI PASAR TRADISIONAL SELASA KECAMATAN TAMPAN DITINJAU MENURUT EKONOMI SYARIAH. Skripsi thesis, Universitas Islam Ngeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN SKRIPSI KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Himmah (2021): “Pengaruh Harga Baju Gamis terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Pasar Tradisional Selasa Kecamatan Tampan Ditinjau Menurut Ekonomi Syariah” Latar belakang penelitian ini di mana harga sangat mempengaruhi seseorang untuk memutuskan untuk membeli atau tidak suatu barang, dalam membeli suatu barang maka diperlukan pertimbangan-pertimbangan salah satunya harga. Salah satu pasar tradisional yang ada di kecamatan tampan yaitu Pasar Tradisional Selasa yang beralamat di Jl. HR. Soebrantas Ujung. Berdasarkan observasi di lapangan pasar ini letaknya strategis, pengunjung ramai dan juga sudah lama berdiri serta menjual barang yang sudah lengkap baik barang pokok, pakaian dan lain sebagainya. Namun fenomena yang penulis jumpai di lapangan ada juga beberapa konsumen yang kurang suka berbelanja di pasar tradisional karena mereka membandingkan kualitas yang berbeda, sedangkan yang kita lihat kualitas sama yang membedakan hanya layanan dari segi tidak adanya AC dan lainnya. Subjek penelitian ini adalah pembeli baju gamis di pasar tradisional sedangkan objek penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh harga baju gamis terhadap keputusan pembelian konsumen di Pasar Tradisional Selasa Kecamatan Tampan. Penelitian ini termasuk dalam dalam desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif atau korelasi. Adapun populasi dalam penelitian ini tidak menentu setiap harinya maka diambil sampel dengan kuota 50 orang dengan teknik Accidental Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data maka digunakan teknik Analisis regresi linear sederhana sebagai kajian terhadap hubungan satu variabel yang disebut variabel yang diterangkan (the explained variabel) dengan satu atau dua variabel yang menerangkan (the explanatory). Tehnik penulisan data deduktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang meyakinkan harga baju gamis terhadap keputusan pembelian konsumen di pasar tradisional Selasa Kecamatan Tampan. Berdasarkan hasil analisis diatas, diperoleh persamaan linear yaitu Y = 6,395 + 0,508. Berdasarkan angka tersebut berarti setiap terjadi penambahan satu satuan variabel X, maka terjadi kenaikan pada variabel Y sebesar 0,508 per satuan. Harga dalam aktivitas jual beli merupakan salah satu kegiatan manusia sehari-hari yang dihalalkan karena dalam kegiatan ekonomi tidak boleh ada pihak yang dirugikan. Dalam proses keputusan pembelian, Islam menginginkan agar manusia berhati-hati. Selain itu keputusan pembelian dalam Islam lebih ditekankan pada sikap kehati-hatian dalam menerima keputusan. Ekonomi Islam memiliki konsep bahwa suatu pasar dapat berperan efektif dalam kehidupan ekonomi bila prinsip persaingan bebas dapat berlaku secara normal. Kata Kunci: Harga, Keputusan Konsumen, Pasar Tradisional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jun 2021 03:05
Last Modified: 24 Jun 2021 03:06
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49802

Actions (login required)

View Item View Item