Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH DAERAH DALAM KASUS KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 1999 TENTANG KEHUTANAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN BUKIT BATU KABUPATEN BENGKALIS)

ZAINOL HASAN, - (2021) TANGGUNG JAWAB PEMERINTAH DAERAH DALAM KASUS KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 1999 TENTANG KEHUTANAN (STUDI KASUS DI KECAMATAN BUKIT BATU KABUPATEN BENGKALIS). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah lingkungan merupakan suatu hal yang sering terjadi dalam masyarakat terutama permasalahan kebakaran hutan dan lahan yang disebabkan oleh aktifitas masyarakatnya membuka lahan dan mengolah lahan dengan cara membakar. Dalam hal ini menjadi perhatian bagi Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis dalam mengatasi permasalahan tersebut. Kurangnya perhatian dari Dinas Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis dalam melakukan pengawasan terhadap rawan nya titik api merupakan suatu hal yang melatarbelakangi dalam penulisan karya ilmiah ini. Penelitian ini dilakukan dengan mengangkat masalah pokok. Pertama Untuk Mengetahui Bagaimana Tanggung Jawab Pemerintah Daerah Terhadap Kasus Kebakaran Hutan dan Lahan Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis menurut Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan. Kedua, Bagaimana Regurasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Derah terkait pelaku Pembakaran Hutan dan Lahan. Penelitian ini dilakukan di Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bengkalis. Lokasi ini tempat yang tepat bagi penulis untuk melengkapi data dan memecahkan masalah yang diteliti dengan baik dan jelas. Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah Hukum Sosiologis yaitu bertitik tolak dari data yang didapat langsung dari Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerh Kabupaten Bengkalis, sedangkan sifat penelitian ini adalah Deskriftif. Populasi dan sampel merupakan keseluruhan pihak yang berkaitan permasalahan ini sumber data yang digunakan yaitu data primer, data skunder, dan data tersier, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tinjuan pustaka, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah untuk dapat memberikan pengetahuan tentang tanggung jawab pemerintah daerah terhadap kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di kecamatan bukit batu kabupaten bengkalis dan regulasi yang dikeluarkan pemerintah daerah kabupaten bengkalis terhadap pelaku pembakaran hutan dan lahan dikecamatan bukit batu kabupaten bengkalis serta dapat menjadi perbandingan dan masukan bagi pihak-pihak yang berkaitan dengan permasalahan kebakaran hutan dan lahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 30 Jun 2021 02:34
Last Modified: 30 Jun 2021 02:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49765

Actions (login required)

View Item View Item