Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN KEJAKSAAN DALAM MENYELENGGARAKAN KEGIATAN DI MASA PANDEMI UNTUK PENINGKATAN KESADARAN HUKUM MASYARAKAT BERDASARKAN PASAL 30 AYAT (3) HURUF A UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2004 TENTANG KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA DI KEJAKSAAN NEGERI PELALAWAN

M. Rizky Maulana, - (2021) PERANAN KEJAKSAAN DALAM MENYELENGGARAKAN KEGIATAN DI MASA PANDEMI UNTUK PENINGKATAN KESADARAN HUKUM MASYARAKAT BERDASARKAN PASAL 30 AYAT (3) HURUF A UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2004 TENTANG KEJAKSAAN REPUBLIK INDONESIA DI KEJAKSAAN NEGERI PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK M. Rizky Maulana, (2020): Peranan Kejaksaan Dalam Menyelenggarakan Kegiatan Di Masa Pandemi Untuk Peningkatan Kesadaran Hukum Masyarakat Berdasarkan Pasal 30 Ayat (3) Huruf A Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 Tentang Kejaksaan Repubklik Indonesia di Kejaksaan Negeri Pelalawan. Banyak masyarakat masih bermacam macam mengartikan tentang apa itu hukum, oleh karena itu haruslah ada yang nama nya penyuluhan hukum kepada masyarakat agar masyarakat tau apa hukum itu sebenarnya dan masyarakat bias lebih hati-hati dalam melakukan sesuatu agar tidak berurusan dengan hukum. Maka dari itu sudah seharunya tugas dari Kejaksaan yang telah di amanatkan di dalam Undang-Undang Nomor 16 tahun 2004 tentang Kejaksaan Republim Indonesia Pasal 30 ayat (3) huruf a. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana peranan kejaksaan dalam dalam menyelenggarakan kegiatan di masa pandemi untuk peningkatan kesadaran hukum masyarakat berdasarkan Pasal 30 ayat (3) huruf a Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia di Kejaksaan Negeri Pelalawan dan apa saja kendala-kendala yang menghambat peranan Kejaksaan dalam menyelenggarakan kegiatan di masa pandemi untuk peningkatan kesadaran hukum masyarakat Penelitian ini ialah penelitian hukum sosiologis, penelitian yang dilakukan dengan mengadakan indentifikasi pelaksanaan hukum dan bagaimana efektivitas hukum ini berlaku di masyarakat. Responden dalam penelitian ini yaitu Kepala Kejaksaan Negeri Pelalawan, Kepala Seksi Intelijen, Kepala Sub Bagian Intelijen, dan Jaksa di bidang Intelijen, maka penulis mengambil sampel dengan teknik Purposive Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian yang dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasakran hasil penelitian menunjukan bahwa peranan kejaksaan dalam menyelenggarakan kegiatan di masa pandemi untuk peningkatan kesadaran hukum masyarakat kenyataan masih belum berjalan dengan optimal hal dan Tolak ukur berhasil atau tidaknya kegiatan peningkatan kesadaran hukum yang dilaksanakan oleh Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Pelalawan dapat dilihat dari jumlah tindak pidana yang terjadi dan jumlah perkara yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Pelalawan. Adapun kendala-kendala yang menghambat diantaranya sebagai berikut; a). Faktor adanya covid 19, b). Terkendalanya jaringan ketika kegiatan secara online, c). Terbatasnya waktu untuk menyelenggarakan kegiatan peningkatan kesadaran hukum masyarakat, dan d). Stigma masyarakat terhadap kejaksaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 24 Jun 2021 01:08
Last Modified: 24 Jun 2021 01:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49763

Actions (login required)

View Item View Item