Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS DAN MITIGASI RISIKO PADA RANTAI PASOK MAKANAN HALAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL SCOR DAN METODE HOUSE OF RISK (HOR)

Silfia Meilani, - (2021) ANALISIS DAN MITIGASI RISIKO PADA RANTAI PASOK MAKANAN HALAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN MODEL SCOR DAN METODE HOUSE OF RISK (HOR). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img] Text (bab 4 dan 5)
Laporan lengkap kecuali bab 4 dan 5.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
BAB 4 DAN 5.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Aktivitas supply chain selalu berpotensi menimbulkan risiko, oleh sebab itu manajemen risiko sangat diperlukan untuk memitigasi risiko. Rotte Bakery Pekanbaru merupakan salah satu usaha yang bergerak di bidang pembuatan roti bersertifikasi halal yang beralamatkan di Jalan Garuda Sakti, No.89A. Rotte Bakery mempunyai masalah dalam pengidentifikasian sumber risiko terhadap supplier, manufaktur, distributor, dan konsumen. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi risiko dan menentukan prioritas sumber risiko yang dapat menimbulkan dampak negatif terhadap proses bisnis perusahaan beserta prioritas strategi penanganannya pada proses plan, source, make, deliver dan return dengan pendekatan model SCOR dan House of Risk. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 27 total risiko dan 31 total risk agent dari seluruh proses bisnis di Rotte Bakery, yang dapat dirincikan menjadi 5 potensi risiko pada proses plan dengan 8 risk agent, 6 potensi risiko pada proses source dengan 8 risk agent, 8 potensi risiko pada proses make dengan 4 risk agent, 5 potensi risiko pada proses deliver dengan 7 risk agent, dan terdapat 3 potensi risiko pada proses return 4 risk agent. Menggunakan diagram pareto dengan aturan 80:20 maka didapat 16 risiko dominan untuk hasil dari HOR fase 1. Kemudian pada HOR fase 2 dilakukan prioritas strategi penanganan. Terdapat 23 strategi penanganan tehadap sumber risiko yang terjadi di masing-masing proses bisnis pada Rotte Bakery, yang dapat dirincikan menjadi 9 strategi penanganan pada proses plan, 4 strategi penanganan pada proses source, 3 strategi penanganan pada proses make, 4 straegi penanganan pada proses deliver, dan 3 strategi penanganan pada proses return.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 29 Jun 2021 02:27
Last Modified: 29 Jun 2021 02:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49758

Actions (login required)

View Item View Item