Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI PENGUSAHA GULA AREN DALAM BERTAHAN DI MASA PANDEMI COVID-19 MENURUT TINJAUAN EKONOMI SYARIAH (Studi di Desa Tanjung Belit Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu)

Efrina Safitri, - (2021) STRATEGI PENGUSAHA GULA AREN DALAM BERTAHAN DI MASA PANDEMI COVID-19 MENURUT TINJAUAN EKONOMI SYARIAH (Studi di Desa Tanjung Belit Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Efrina Safitri (2021): Strategi Pengusaha Gula Aren dalam Bertahan di Masa Pandemi Covid-19 Menurut Tinjauan Ekonomi Syariah (Studi di Desa Tanjung Belit Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu) Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya pandemi covid-19 yang berdampak pada pengusaha gula aren, salah satunya yaitu Home Industry gula aren yang ada di Desa Tanjung Belit Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Pengusaha dituntut untuk menerapkan strategi agar usaha mereka mampu bertahan di masa pandemi covid-19. Permasalahan yang diteliti adalah bagaimana strategi pengusaha gula aren dalam bertahan di masa pandemi covid-19, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam mempertahankan usaha dan bagaimana tinjauan Ekonomi Syariah terhadap strategi pengusaha gula aren dalam bertahan di masa pandemi covid-19 di Desa Tanjung Belit Kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah pengusaha dan karyawan gula aren di Desa Tanjung Belit Kecamatan Rambah dengan populasi 15 orang pengusaha gula aren, dengan teknik pengambilan sampel yaitu metode total sampling. Pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisa datanya bersifat Deskriptif-Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi yang diterapkan pengusaha gula aren dalam mempertahankan usahanya di masa pandemi Covid-19 yaitu dilihat dari 4P, dari segi produk pengusaha gula aren tetap mempertahankan kualitas produknya di masa pandemi covid-19, memberikan potongan harga, distribusi atau pun penyaluran gula aren biasanya didatangi oleh konsumen gula aren dan ada juga yang diantar ke pasar atau pengumpul gula aren, serta mempromosikan produk melalui Facebook dan Wathsapp. (2) Faktor pendukung usaha gula aren dalam bertahan di masa pandemi covid-19 yaitu ketersediaan bahan baku gula aren, dan pelanggan loyalitas. Adapun faktor penghambat usaha gula aren dalam bertahan di masa pandemi covid-19 adalah sumber daya manusia, teknologi yang masih tradisional, modal yang terbatas, kemitraan dan kesadaran manjemen dalam usaha masih sangat rendah. (3) Tinjaun Ekonomi Syariah terhadap strategi pengusaha gula aren dalam bertahan di masa pandemi covid-19 telah sesuai dengan prinsip syariah. Hal ini dapat dilihat pada produk yang ditawarkan memiliki kualitas yang bagus dengan harga nya terjangkau tanpa mengandung bahan-bahan haram atau berbahaya. Kata kunci: Strategi, Pengusaha, Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:59
Last Modified: 23 Jun 2021 03:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49750

Actions (login required)

View Item View Item