Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Pelaksanaan Akad Al-Qardh (Utang-Piutang) Pada Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan-Pinjam (UEK-SP) Mutiara

M. SYUKRI, - (2021) Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Pelaksanaan Akad Al-Qardh (Utang-Piutang) Pada Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan-Pinjam (UEK-SP) Mutiara. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
kecuali BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

M. SYUKRI (2021) :Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Pelaksanaan Akad Al-Qardh (Utang-Piutang) Pada Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan-Pinjam (UEK-SP) Mutiara Penelitian ini berjudul “Tinjauan Fiqih Muamalah Terhadap Pelaksanaan Akad Al-qardh (Utang-piutang) Pada Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan-Pinjam (UEK-SP) Mutiara Kelurahan Sungai Apit Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keluhan dari beberapa masyarakat yang melakukan peminjaman uang di UEK-SP Mutiara Kelurahan Sungai Apit yang merasa terbebani dalam pengembalian uang angsuran ditambah lagi belakangan ini kondisi perekonomian masyarakat lagi turun akibat wabah pendemi COVID-19 berdasarkan kondisi tersebut maka peneliti tertarik mengkaji secara mendalam terkait bagaimana pelaksanaan akad Al-Qardh (Utang-Piutang) pada Usaha Ekonomi Kelurahan Simpan-Pinjam (UEK-SP) Mutiara Kelurahan Sungai Apit Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak dan untuk mengetahui tinjauan fiqih muamalah terhadap pelaksanaan akad Al-Qardh pada usah ekonomi kelurahan Simpan-Pinjam (UEK-SP) Mutiara Kelurahan Sungai Apit Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamatai, dan berlokasi di Kelurahan Sungai Apit Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 22 orang. Terdiri dari 2 orang karyawan UEK-SP Mutiara Kelurahan Sungai Apit dan 20 orang mayarakat (debitur) pengguna jasa Peminjaman uang (modal) satu tahun terakhir pada tahun 2020. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini penulis menggunakan metode total sampling. Dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisa yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif mengungkapkan fakta apa adanya sesuai dengan kenyataan yang diamati, yang ada kaitannya dengan masalah yang dibahas sehingga dapat diambil kesimpulan secara tepat sesuai dengan pokok permasalahan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum Di UEK-SP Mutiara menurut peneliti, transaksi pinjam-meminjam uang yang berlagsung di UEK-SP Mutiara, tidak sah atau batal, karena telah menyalahi rukun dan syarat yaitu orang yang meminjamkan uang tidak boleh mengambil keuntunggan, dan keuntungan tersebut termasuk riba. Tinjauan Fiqih muamalah terhadap pelaksanaan akad Al-Qardh peminjaman uang di UEK-SP Mutiara Kelurahan Sungai Apit bertentangan dengan hukum Islam, hal ini terlihat jelas dalam Q.S. Ali-Imran (30): (130) didalam ayat tersebut berisi larangan melakukan riba dan larangan yang serupa juga terdapat didalam hadits.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 22 Jun 2021 02:15
Last Modified: 22 Jun 2021 02:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49740

Actions (login required)

View Item View Item