Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DISEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 TAPUNG

Ina Indriani Dewi, - (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DISEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 TAPUNG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Ina Indriani Dewi, (2021): Pengaruh Model Pembelajaran Scaffolding Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran scaffolding terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian Posttest-Only Design With Nonequivalent Group. Populasi dalam dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang belajar ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung yang berjumlah 105. Sedangkan sampel pada penelitian ini adalah siswa IPS kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung yang berjumlah 69 siswa. Terdiri dari 35 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol dengan menggunakan tekhnik pengambilan Purposive Sampling dengan pertimbangan nilai rata-rata hasil pretest kelas mendekati sama. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung, sedangkan objek pada penelitian adalah proses pelaksanaan model pembelajaran scaffolding sebagai usaha meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan model pembelajaran scaffolding terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung dengan analisis uji-t dari nilai motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai thitung > ttabel taraf signifikan 5% (1,668) dan 1% (2,382) atau 1,668<12,446> 2,382, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran scaffolding terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung. Dan di dukung dengan hasil effect size menunjukkan persentase penerapan model pembelajaran scaffolding terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Tapung sebesar 88,98% tergolong besar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Scaffolding, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 23 Jun 2021 03:08
Last Modified: 23 Jun 2021 03:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49724

Actions (login required)

View Item View Item