APLIKASI ALGORITMA GREEDY UNTUK PEWARNAAN WILAYAH (REGION COLORING) PADA PETA KABUPATEN INDRAGIRI HULU DAN KAMPAR DI PROVINSI RIAU

Widia Fuji Hastuti, (2011) APLIKASI ALGORITMA GREEDY UNTUK PEWARNAAN WILAYAH (REGION COLORING) PADA PETA KABUPATEN INDRAGIRI HULU DAN KAMPAR DI PROVINSI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011111.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Algoritma merupakan suatu prosedur yang tepat untuk dapat memecahkan masalah dengan menggunakan bantuan komputer serta suatu bahasa pemograman tertentu. Tugas akhir ini membahas tentang aplikasi algoritma Greedy untuk pewarnaan wilayah peta Kabupaten Indragiri Hulu dan Kampar. Prinsip Greedy merupakan metode paling populer untuk menemukan solusi optimum dalam persoalan optimasi dengan membentuk solusi langkah-perlangkah. Pewarnaan peta merupakan masalah yang dapat diselesaikan menggunakan algoritma Greedy. Solusi terbaik dalam mewarnai peta adalah menggunakan jumlah warna minimum (bilangan kromatik) sehingga akan didapatkan solusi pewarnaan optimal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh jumlah warna minimum pada pewarnaan wilayah peta Kabupaten Indragiri Hulu dan Kampar adalah 4 warna. Kata Kunci : Algoritma Greedy, Bilangan Kromatik, Graf, Pewarnaan Wilayah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 500 Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > 510 Matematika > 519 Matematika Terapan
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 08 Jan 2016 02:08
Last Modified: 08 Jan 2016 02:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item