Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

KONSEP ADIL DALAM POLIGAMI (SUATU ANALISIS PEMIKIRAN SITI MUSDAH MULIA DALAM BUKU ISLAM MENGGUGAT POLIGAMI)

Toguan, - (2021) KONSEP ADIL DALAM POLIGAMI (SUATU ANALISIS PEMIKIRAN SITI MUSDAH MULIA DALAM BUKU ISLAM MENGGUGAT POLIGAMI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Toguan, 2021: Konsep Adil dalam Poligami (Suatu Analisis Pemikiran Siti Musdah Mulia dalam Buku Islam Menggungat Poligami) Penelitian ini dilatar belakangi oleh persoalan kontroversial poligami yang perdebatannya melahirkan berbagai macam penadapat, terutama pada konsep keadilan sebagai syarat utama dalam poligami. Mayoritas ulama memaknai keadilan poligami hanya dalam aspek materi saja, namun ada juga ulama yang memaknai keadilan poligami secara materi dan immateri (cinta dan kasih sayang). Siti Musdah Mulia adalah salah satu tokoh yang menitikberatkan keadilan sebagai syarat yang harus depenuhi oleh suami yang hendak berpoligami. Dari pendapat Musdah Mulia tersebut, melahirkan kesimpulan hukum poligami haram lighairihi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep adil dalam poligami menurut Siti Musdah Mulia dan bagaimana analisis terhadap pemikiran Siti Musdah Mulia tentang Konsep adil dalam poligami. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep adil dalam poligami menurut Siti Musdah Mulia dan analisa terhadap pemikiran Siti Musdah Mulia tentang konsep adil dalam poligami. Penelitian ini berbentuk studi kepustakaan (library research) dengan menggunakan buku Islam Menggugat Poligami sebagai bahan hukum primernya. Sedangkan bahan hukum sekunder dalam tulisan ini adalah sejumlah literatur yang relevan dengan penelitian ini seperti Islam dan Hak Asasi Manusia: Konsep dan Implementasinya, terjemahan kitab Al-Fiqh Al-Islami wa Adillatuhu serta literatur lainnya. Adapun analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa konsep keadilan dalam poligami menurut Musdah Mulia harus secara materi dan immateri. Pendapat tersebut bertentangan dengan pendapat mayoritas ulama, yang hanya mensyaratkan keadilan poligami secara materi saja. Berbedanya pendapat Musdah Mulia dengan mayoritas ulama disebabkan: Pertama, Musdah Mulia menekankan keadilan immateri menjadi suatu yang harus dalam praktik poligami. Kedua, adanya anggapan Musdah terhadap hadist Nabi bahwa Nabi melarang Ali berpoligami karena Ali tidak mampu berlaku adil dan diperkuat dengan ancaman Nabi terhadap suami yang tidak adil, dan ketiga, banyaknya dampak negatif yang disebabkan ketidakadilan oleh suami yang berpoligami. Kata Kunci: adil, poligami dan Siti Mudah Mulia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 17 Jun 2021 03:04
Last Modified: 17 Jun 2021 03:04
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49684

Actions (login required)

View Item View Item