Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengelolaan Wakaf Tanah di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaaru

Fadhila, Fadhila (2021) Pengelolaan Wakaf Tanah di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaaru. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text (SKRIPSI GABUNGAN)
SKRIPSI GABUNGAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)

Abstract

Diantara banyak titel perolehan atau peralihan hak yang dikenal dalam hukum Islam, maka ternyata wakaf mendapat tempat pengaturan secara khusus diantara perangkat perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, Dalam istilah fikih, pengelola wakaf disebut dengan nazhir. Nazhir sebagai pihak yang bertugas untuk memelihara dan mengurusi wakaf mempunyai kedudukan yang penting dalam perwakafan. Sedemikian pentingnya kedudukan Nazhir dalam perwakafan, sehingga berfungsi tidaknya benda wakaf tergantung dari sistem Nazhir dalam mengelola wakaf itu sendiri. Serangkaian kegiatan berupa Perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan dan Pengendalian sumber daya yang ada perlu dilaksanakan dengan baik agar tercapai tujuan secara efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Pengelolaan Wakaf Tanah Di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subjek dalam penelitian ini adalah ketua majelis wakaf sekaligus selaku sekretaris PDM beserta beberapa perangkat Majelis Wakaf Dan Kehartabendaan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Sedangkan objek penelitian ini adalah Pengelolaan Wakaf Tanah Di Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Pekanbaru. Data penelitian diperoleh menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih lemahnya penerapan fungsi-fungsi manajemen pada proses pengelolaan wakaf tanah disana, terutama pada fungsi pengorganisasian. Hal itu terlihat dari belum berjalannya sistem, prosedur dan meknisme kerja dengan baik, sehingga mengakibatkan masih ada tanah wakaf yang terbengkalai bahkan masih bermasalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Wakaf Tanah, Muhammadiyah
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.56 Etika Moral Islam dalam Hal Tertentu
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: fdk -
Date Deposited: 17 Jun 2021 02:49
Last Modified: 17 Jun 2021 02:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49667

Actions (login required)

View Item View Item