Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PENGAWASAN PELAKSANAAN PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DI DESA NAUMBAI KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2019-2020

Miftahur Rahmah, - (2021) PENGAWASAN PELAKSANAAN PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DI DESA NAUMBAI KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2019-2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI MIFTAHUR RAHMAH.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGAWASAN PELAKSANAAN PROGRAM PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DI DESA NAUMBAI KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2019 Oleh: Miftahur Rahmah Penelitian ini dilaksanakan Di Desa Naumbai Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengawasan pelaksanaan program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pamsimas) di desa naumbai kabupaten kampar, dan untuk mengetahui Faktor-Faktor apa yang mempengaruhi dalam Pengawasan Pelaksanaan Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat di Desa Naumbai Kabupaten Kampar . Jenis penelitian yang digunakan adalah diskriptif kualitatif, penelitian yang menggambarkan suatu keadaan atau penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih tanpa membuat perbandingan atau hubungan antara variabel satu dengan variable yang lain. Data yang diperoleh dari penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang peneliti gunakan adalah teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan Peraturan Desa No.12 Tahun 2020 Tentang System Pengelolaan Air Bersih Perdana Bening Desa Naumbai Kabupaten Kampar sebagai acuan penelitian. Pelaksanaan program pamsimas ini harus dilaksanakan sesuai dengan standard atau ukuran yang telah ditetapkan. Hasil penelitian dilapangan dan kemudian di analisa dapat disimpulkan bahwa Pengawasan Pelaksanaan Program Pamsimas Di Desa Naumbai Masih belum bisa dikatakan optimal sepenuhnya. Karena yang pertama masih terdapat sarana-prasarana yang mengalami kerusakan, Yang kedua, Masalah administrasi pembayarannya, bahwa masih banyak masyarakat yang macet dalam membayar iuran perbulannya. Dan Terdapat Faktor yang mempengaruhi pengawasan yaitu faktor pendorong pada pengawasan Pelaksanaan Program Pamsimas Di Desa Naumbai yaitu ikut berpartisipasi atau terlibatnya masyarakat sebagai pelaksana serta sebagai pemelihara program pamsimas. Sedangkan untuk faktor penghambat yaitu sarana-prasarana yang belum memadai dan menyangkut anggaran program pamsimas. Kata Kunci: Pengawasan, Program Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: fekon -
Date Deposited: 24 Jun 2021 01:44
Last Modified: 24 Jun 2021 01:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49657

Actions (login required)

View Item View Item