Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERHITUNGAN MENGGUNAKAN METODE MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RASIO ANALYSIS (MOORA) UNTUK MENENTUKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU KACANG KEDELAI (Studi Kasus : Pabrik Tahu Mbak Murni)

Muhammad Rizan Muzakir, - (2021) ANALISIS PERHITUNGAN MENGGUNAKAN METODE MULTI OBJECTIVE OPTIMIZATION ON THE BASIS OF RASIO ANALYSIS (MOORA) UNTUK MENENTUKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPPLIER BAHAN BAKU KACANG KEDELAI (Studi Kasus : Pabrik Tahu Mbak Murni). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
LAPORAN LENGKAP (KECUALI BAB IV DAN BAB V).pdf

Download (28MB) | Preview
[img] Text (BAB IV DAN V)
BAB IV dan BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Pabrik Tahu Mbak Murni bergerak di bidang produksi tahu. Bahan baku yang digunakan pabrik ini dalam produksi tahu adalah kacang kedelai. Dalam satu hari proses produksi menghabiskan 50 kg kacang kedelai dan dalam sebulan bisa mencapai 1500 kg kacang kedelai yang dihabiskan. Pabrik Tahu Mbak Murni harus menjaga rantai pasok atau supply chain management nya harus tetap agar proses produksi berjalan dengan lancar terutama pada supplier. Terdapat 3 supplier yang bekerjasama dengan Pabrik Tahu Mbak Murni, aitu supplier A, supplier B, dan supplier C. Permasalahan pada Pabrik ini masih kebingungan dalam memilih supplier yang tepat dari beberapa supplier yang bekerjasama dengan berbagai kelebihan supplier nya masing-masing. Dampak dari hal tersebut Pabrik Tahu Mbak Murni kadang membeli bahan baku dengan harga yang tinggi, pengiriman bahan baku yang sangat lama, jumlah bahan baku tidak tepat, dan juga kualitas kacang kedelai yang kurang bagus. Pada saat bahan baku dari supplier datang tidak tepat waktu atau lama, biasanya pabrik tahu ini membeli bahan baku dengan supplier lain agar proses produksi tetap berjalan, namun harga bahan bakunya sangat mahal. Maka dari itu pabrik tahu ini perlu melakukan pemilihan pemilihan supplier yang tepat agar nantinya tidak terjadi dampak dari kesalahn memilih supplier tersebut. Penelitian ini menggunakan metode Multi Objective Optimization On The Basis Of Rasio Analysis (MOORA) untuk menentukan supplier terbaik yang dapat bekerjasama dengan Pabrik Tahu Mbak Murni. Hasil Penelitian didapat bahwa supplier A merupakan supplier terbaik yang dapat bekerjasama dengan Pabrik Tahu Mbak Murni.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620 Ilmu Teknik
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri
Depositing User: fsains -
Date Deposited: 24 Jun 2021 07:29
Last Modified: 24 Jun 2021 07:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49653

Actions (login required)

View Item View Item