Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI MAINAN KUPON ANAK-ANAK DI DESA PADANG LUAS KECAMATAN LANGGAM KABUPATEN PELALAWAN

Siti Khairani, - (2021) TINJAUAN FIKIH MUAMALAH TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI MAINAN KUPON ANAK-ANAK DI DESA PADANG LUAS KECAMATAN LANGGAM KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Khairani, (2021): Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Praktik Jual Beli Mainan Kupon Anak-anak Di Desa Padang Luas Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. Penelitian ini berjudul “Tinjauan Fikih Muamalah Terhadap Praktik Jual Beli Mainan Kupon Anak-anak di Desa Padang Luas Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan”. Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya persoalan Jual Beli Mainan Kupon Anak-anak yaitu mengenai pemberian hadiah berupa mainan melalui proses undian dalam bentuk pemecahan mainan kupon yang di jual oleh beberapa pedagang kecil di Desa Padang Luas Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, apakah jual beli seperti ini di benarkan oleh Syara’ atau tidak. Peneliti tertarik mengkaji secara mendalam terkait bagaimana praktik jual beli mainan kupon anak-anak di Desa Padang Luas Kecamatan langgam Kabupaten Pelalawan, dan untuk mengetahui tinjauan fikih muamalah terhadap praktik jual beli mainan kupon anak-anak di Desa Padang Luas Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. Adapun masalah dalam penelitian ini Bagaimana sistem jual beli mainan kupon anak-anak di Desa Padang Luas Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, bagaimana Tinjauan Fikih Muamalah terhadap jual beli mainan kupon anak-anak di Desa Padang Luas Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. sedangkan tujuan di lakukan penelitian ini untuk mengetahui sistem jual beli mainan kupon anak-anak di Desa Padang Luas Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, untuk mengetahui tinjauan fikih muamalah terhadap jual beli mainan kupon anak-anak di Desa Padang Luas Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. Adapun Populasi dan Sampel pada penelitian ini penulis menemukan 10 orang penjual mainan di Desa Padang Luas Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. Dalam pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan dijabarkan dalam teknik penulisan deskriptif untuk memperoleh kesimpulan yang khusus dan analisis berdasarkan perspektif fikih muamalah. Dapat di tarik kesimpulan bahwa jual beli mainan kupon anak-anak di Desa Padang Luas Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan bertentangan dengan hukum Syara’. Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan dan berdasarkan observasi Peneliti melihat jual beli mainan kupon anak-anak di Desa Padang Luas telah terpenuhi rukun jual belinya yaitu adanya penjual, pembeli, shighat dan objek akad tetapi syarat jual beli tidak terpenuhi mengakibatkan jual beli mainan kupon tersebut batal. Permainan kupon anak-anak di Desa Padang Luas Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan tidak adanya manfaat dari jual beli mainan kupon tersebut, dan bertentangan dengan prinsip-prinsip Muamalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 14 Jun 2021 03:17
Last Modified: 14 Jun 2021 03:18
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49589

Actions (login required)

View Item View Item