Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya

Indri Wahyuningsih, - (2021) Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Indri Wahyuningsih, (2021): Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran brainstorming terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada tema panas dan perpindahannya di kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya tahun ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah quasi experimen dengan desain penelitian nonequivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya tahun ajaran 2020/2021. Jumlah peserta didik dalam populasi ini adalah 137 yang tersebar dalam 5 kelas. Peneliti menggunakan teknik purposive sample dalam memilih sampel penelitian dan terpilih kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VE sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa rata-rata pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebesar 86,2644 lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol yang hanya mencapai 72,4354. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan menggunakan uji-t menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung = 3,280 dan nilai ttabel =1,675 untuk taraf signifikan 5%, dengan demikian nilai thitung > ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V yang menggunakan metode pembelajaran brainstorming dengan yang menggunakan metode konvensional pada tema panas dan perpidahannya di Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya tahun ajaran 2020/2021. Kata kunci: Metode Brainstorming, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jun 2021 05:33
Last Modified: 16 Jun 2021 05:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49570

Actions (login required)

View Item View Item