Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Pengaruh Pendekatan Open Ended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya

Rhadiatul Shafitri, - (2021) Pengaruh Pendekatan Open Ended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rhadiatul Shafitri, (2021) : Pengaruh Pendekatan Open Ended Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan pengaruh yang signifikan dari pendekatan open ended learning dengan yang memperoleh pembelajaran dengan metode konvensional. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen design dan desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VD sebagai kelas eksperimen dan kelas VC sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian, maka ditarik kesimpulan bahwa rata-rata pencapaian kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen sebesar 81,2514 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya mencapai 70,9846. Berdasarkan analisis uji-t dan nilai kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen dan kontrol diperoleh nilai t_hitung= 3,818 dan t_(tabel )= 1,674 untuk taraf signifikan 5% diperoleh t_hitung>t_(tabel ). Maka H_a diterima dan H_0 ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan pengaruh yang signifikan dari pendekatan open ended learning dengan yang memperoleh pembelajaran dengan metode konvensional di kelas V Sekolah Dasar Negeri 017 Pandau Jaya. Kata Kunci : Pendekatan Open Ended Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 16 Jun 2021 05:24
Last Modified: 16 Jun 2021 05:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49569

Actions (login required)

View Item View Item