PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI BIDANG BIMBINGAN BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU

Roni Wati, (2011) PELAKSANAAN LAYANAN INFORMASI BIDANG BIMBINGAN BELAJAR DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 23 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011728-.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi bidang bimbingan belajar, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan informasi bidang bimbingan belajar di SMP Negeri 23 Pekanbaru. SMP Negeri 23 Pekanbaru mempunyai 2 orang guru pembimbing yang diharapkan dapat melaksanakan layanan informasi bidang bimbingan belajar dengan baik. Fenomena yang terjadi dilapangan saat ini guru pembimbing dalam melaksanakan layanan informasi bidang bimbingan belajar belum terlaksana dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari gejala-gejala yang terjadi yaitu: 1) Siswa tidak serius dalam mengikuti layanan, 2) Siswa keluar masuk kelas ketika pelaksanaan layanan informasi berlangsung, 3) Siswa ribut ketika guru pembimbing memberikan layanan, 4) Siswa tidak semangat mengikuti layanan, 5) Siswa mengganggu teman, 5) Setelah mengikuti layanan informasi ada siswa yang tidak mengetahui manfaat dan tujuan dari layanan informasi. Subjek penelitian ini adalah 2 orang guru pembimbing yang ada di SMP Negeri 23 Pekanbaru, sedangkan objeknya adalah pelaksanaan layanan informasi bidang bimbingan belajar di SMP Negeri 23 Pekanbaru. Populasi dalam penelitian ini adalah guru pembimbing SMP Negeri 23 Pekanbaru dan penelitian ini tidak mengambil sampel karena semua populasinya memungkinkan untuk diteliti. Penelitian ini disebut penelitian populasi. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara kemudian dianalisa dengan deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil dari penelitian pelaksanaan layanan informasi di SMP Negeri 23 Pekanbaru tergolong “Kurang Maksimal” dengan persentase 42,5%. Sebab frekuensi jawaban Ya sebanyak 34 dengan persentase 42,5% sedangkan jawaban Tidak sebanyak 46 kali dengan persentase 57,5% dari delapan kali observasi yang termasuk kriteria 40%-54% kurang maksimal. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan layanan informasi adalah: 1) Faktor internal yaitu guru pembimbing tidak berlatar belakang bimbingan dan konseling, faktor lain adalah kurangnya kemampuan guru pembimbing dalam pelaksanaan layanan informasi. 2) Faktor Eksternal yaitu tidak seimbangnya jumlah guru pembimbing dengan jumlah siswa asuh dan keterbatasan dana dalam pelaksanaan layanan informasi, siswa yang kurang serius dalam mengikuti layanan informasi, kurangnya fasilitas yang tersedia dan ruangan guru pembimbing yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:47
Last Modified: 07 Jan 2016 08:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/495

Actions (login required)

View Item View Item