Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SANTRIWATI DALAM PEMBELAJARAN FIQH DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 7 RIAU

Millah Azizah, MA (2021) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SANTRIWATI DALAM PEMBELAJARAN FIQH DI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR PUTRI KAMPUS 7 RIAU. Thesis thesis, UIN Suska Riau.

[img]
Preview
Text
Tesis Lengkap (3).pdf

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Tesis BAB IV.pdf

Download (934kB) | Preview

Abstract

Pelajaran Fiqh merupakan salah satu pelajaran wajib di Pondok Pesantren Darussalam Gontor Putri Kampus 7. Pembelajaran dengan menggunakan buku berliteratur bahasa Arab menjadi tantangan bagi santriwati. Tantangan tersebut menjadi kesulitan belajar Fiqh dialami santriwat dalam memahami dan menelaah pelajaran. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis dengan 3 fokus penelitian. Pertama, untuk mengetahui dan menganalisa kesulitan santriwati pada pembelajaran mata pelajaran Fiqh di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 7 Riau. Kedua, untuk mengetahui dan menganalisa faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan santriwati dalam pembelajaran mata pelajaran Fiqh di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 7 Riau. Ketiga, untuk mengetahui dan menganalisa upaya dalam mengatasi kesulitan belajar dalam pembelajaran mata pelajaran Fiqh di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 7 Riau Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif, dan pengumpulan datanya dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dan dianalisis untuk menjawab permasalahan tentang kesulitan belajar Fiqh, faktor yang mempengaruhi, dan upaya yang mengatasi kesulitan belajar. Adapun informan penelitian ini adalah 2 guru Gontor Putri Kampus 7 dan 6 santriwati.Hasil analisis penelitian pertama, kesulitan santriwati pada mata pelajaran Fiqh di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 7 Riau, Kurangnya penguasaan pemahaman guru pada materi fiqh sehingga penjelasannya tidak sampai kepada santriwati. Penggunaan media pembelajaran hanya menitikberatkan buku materi saja tanpa menggunakan media yang lain. Intelegensi akademik yang kurang, menjadikan kesulitan membaca dan gangguan perkembangan kebahasaan. Banyaknya materi yang diajar dan tidak kondusifnya waktu belajar dengan adanya banyak acara pondok yang harus diikuti. Kedua, Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan santriwati dalam mata pelajaran Fiqh di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 7 Riau terdapat dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. 1)Faktor internal seperti faktor fisiologi, faktor psikologi (intelektual, , minat, dan motivasi belajar), faktor gaya belajar, Sikap Belajar Pada Pelajaran Fiqh, Perhatian dan Konsentrasi, Persepsi dan Koordinasi Istilah Pada Pelajaran Fiqh, 2)Faktor eksternal seperti latar belakang pendidikan, metode mengajar guru, dan interaksi sosial. Ketiga, Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar mata pelajaran Fiqh di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Putri Kampus 7 Riau yaitu 1)Memberikan tambahan pelajaran khusus diluar jam kegiatan belajar Kulliyatu-l-Muallimat al-Islamiyah, 2)Memberikan kosakata dan istilah bahasa Arab yang berkenaan dengan pelajaran Fiqh, 3) Latihan membaca teks arab yang tanpa harakat guna untuk berlatih berulang-ulang sesuai dengan ilmu Nahwu dan Sharf dan menjelaskannya kembali., 4)Memberikan motivasi dan sugesti belajar , memberikan poin (rangkuman) tertulis dan meminta santriwati untuk menulis ulang. 5)Memberikan waktu santriwati untuk bertanya kepada guru, berusaha meningkatkan kemampuan berbahasa Arab. 6)Upaya peningkatan guru melalui supervisi guru mata pelajaran mulai dari persiapan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dikelas, memantau hasil belajar santriwati. 7) Upaya santriwati dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab, dengan memperbanyak kosa kata bahasa Arab, latihan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara dengan temanya dengan berbahasa Arab. 8) Upaya santriwati dalam meningkatkan minatnya belajar Fiqh. Dengan menunjukan dirinya kepada guru untuk belajar lebih, aktif dalam pembelajaran, bertanya, mengajukan pendapat, menghafalkan dalil dan memahami secara mendalam.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Program Pascasarjana > S2 > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: pps -
Date Deposited: 10 Jun 2021 07:38
Last Modified: 10 Jun 2021 07:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49489

Actions (login required)

View Item View Item