Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Lompat Tali

Nur Risma Wati, - (2021) Optimalisasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Permainan Lompat Tali. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
FILE BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (734kB)

Abstract

Perkembangan sosial emosional merupakan salah satu aspek perkembangan yang sangat penting bagi setiap anak karena merupakan salah satu faktor penentu kesuksesanya dimassa depan. Perkembangan sosial emosional dapat dioptimalkan dengan berbagai cara, salah satunya melalui permainan, Penlitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan sosial emosional anak usia dini melalui permainan lompat tali. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pustaka atau Library Research. Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber skunder. Sumber data primer dalam penelitian adalah: buku, Nugraha Ali, metode perkembanganb sosial emosional. Abd Malik Dachlan, Dkk, perkembangan sosial emosional anak usia dini. Masher Riana, emosi anak usia dini dan strategi pengembangannya. Jahja Yudrik, psikologi perkembangan. Supriyanto Andres, serunya permainan tradisional anak zaman dahulu. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalampenelitian ini yaitu Reduksi data dan display data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa permainan lompat tali bisa meningkatka perkembangan sosial emosional anak usia dini.Perkembangansikap sosial emosional anak akan muncul seperti, kerjasama, interaksi, tanggung jawab, kejujuran, seportivitas dan lain sebagainya.Perkembangan sosial emosional anak usia dini pada permainan tradisonal lompat tali akan berkembang optimal jika waktu yang dibutuhkan ketika bermain di tambah dari waktu sebelumnya dan partisipasi guru yang ikut berperan serta ketika bermain bersama anak-anak. Kata Kunci : Perkembangan Sosial Emosional, Permainan Lompat Tali

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Bimbingan Siswa dan Penyuluhan, Konseling Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jun 2021 07:12
Last Modified: 10 Jun 2021 07:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49485

Actions (login required)

View Item View Item