Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Efektivitas Penggunaan Metode Bercakap-cakap dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun dalam Berbagai Perspektif

DESMAWATI FITRI, - (2021) Efektivitas Penggunaan Metode Bercakap-cakap dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun dalam Berbagai Perspektif. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
FILE SKRIPSI LENGKAP KECUALI BAB IV HASL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
FILE BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (613kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Metode Bercakap-cakap Dalam Pengembangan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pengembangan keterampilan berbahasa anak sejak usia dini salah satu metode yang dapat digunakan yaitu metode bercakap-cakap. Metode bercakap-cakap adalah metode yang mencakup kegiatan di mana seseorang menyampaikan secara lisan kepada orang lain dengan alat bantu atau tanpa alat terkait sesuatu dalam bentuk pesan, informasi atau pun percakapan sederhana yang terdengar menyenangkan. Bercakap-cakap memberikan kesempatan kepada anak untuk menambah kosa kata agar anak dapat berkomunikasi dengan orang lain menggunakan bahasa yang sebaik-baiknya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pustaka (Library Research). Sumber data pada penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah: Buku Lilis Madyawati, Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Buku Moeslichatoen, Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Buku Nurbiana Dhieni, Metode Pengembangan Bahasa. Dan buku Robingatin dan Zakiyah Ulfa, Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Dengan teknik pengumpulan datanya riset kepustakaan. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian isi (Content Analysis). Hasil dari peneltian ini menunjukkan bahwa metode bercakap-cakap berperan positif dan juga efektif digunakan dalam pengembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Melalui metode bercakap-cakap, anak memiliki keberanian untuk berkomunikasi dengan guru dan teman-teman. Sehingga bercakap-cakap bisa dijadikan sebagai salah satu metode yang dapat mengembangkan perkembangan bahasa anak usia 5-6 tahun. Kata kunci: Metode Bercakap-cakap, Pengembangan Bahasa, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 10 Jun 2021 03:36
Last Modified: 10 Jun 2021 03:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49484

Actions (login required)

View Item View Item