Fahira Adila Maswir, - (2021) Pengaruh Metode Inquiry Terhadap Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN Kampar. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
SKRIPSI FAHIRA ADILA MASWIR.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fahira Adila Maswir, (2021): Pengaruh Metode Inquiry Terhadap Pemahaman Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas XI MAN Kampar. Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi yang berusaha mengetahui pengaruh dua variabel yaitu Metode inquiry (X) dan Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Y) Kelas XI MAN 2 Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode inquiry terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan siswa kelas IX MAN 2 Kampar yang aktif tahun 2020/2021 yaitu berjumlah 116 siswa. Maka sampel yang diambil adalah sebanyak 53 siswa. Dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, test dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Setelah data dianalisa terdapat pengaruh yang signifikan antara metode inquiry terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IX MAN 2 Kampar dengan nilai signifikansi sebesar 0,000, maka 0,000 < 0,05. Dan hasil perhitungan koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,235. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh metode inquiry terhadap pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Arab adalah sebesar 23,5%. Sedangkan sisanya 76,5% (100%-23,5%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Jadi, semakin tinggi metode inquiry maka semakin tinggi pula pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Arab kelas IX MAN 2 Kampar. Kata kunci: Pengaruh, Metode Inquiry, Pemahaman Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | ftk - |
Date Deposited: | 08 Jun 2021 14:26 |
Last Modified: | 08 Jun 2021 14:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49470 |
Actions (login required)
View Item |