Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN ROKAN HILIR NO.06 TAHUN 2017 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi Di Dinas Kebersihan Kecamatan Bagan Sinembah)

Yodi Sundana, - (2021) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH KABUPATEN ROKAN HILIR NO.06 TAHUN 2017 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi Di Dinas Kebersihan Kecamatan Bagan Sinembah). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Yodi Sundana (2021): Tinjauan Fiqh Siyasah Terhadap Pelaksanaan Peraturan daerah Kabupaten Rokan Hilir No.06 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah (Studi di Dinas Kebersihan Kecamatan Bagan Sinembah) Adapaun di dalam penelitian ini dilatarbelakangi dari Penyelenggaraan pengelolaan pelayanan lingkungan dalam rangka pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan, harus didasarkan pada norma hukum dengan memperhatikan tingkat kesadaran masyarakat dan perkembangan lingkungan global serta perangkat hukum nasional sampai keperangkat hukum daerah yang berkaitan dengan lingkungan. Kesadaran dan kehidupan masyarakat dalam kaitannya dengan pengelolaan lingkungan telah berkembang demikian rupa sehingga perlu disempurnakan untuk mencapai tujuan paembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan. Dalam penelitian ini penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan yaitu Bagaimana Implementasi Peraturan daerah Kabupaten Rokan Hilir Nomor 06 Tahun 2017 Tentang Pengelolaan Sampah di Dinas Kebersihan Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir dan Bagaimana tinjauan Fiqh Siyasah terhadap pelaksanaan Peraturan Daerah di Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir Nomor 06 Tahun 2017 tentang Pengelolaan Sampah Penelitian ini adalah penelitian bersifat lapangan (field research) yang dilakukan di daerah kabupaten rokan hilir. Adapun alasan penulis mengambil tempat penelitian disini adalah karena di daerah Kecamatan Bagan Sinembah Kabupaten Rokan Hilir yang tempat pembuangan akhir masih bertumpuk dimana-mana.metode pengumpulan data dengan megnuankan metode wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Dengan melakukan pengelolaan data tersebut peneliti mengetahui dan memperoleh hasil setelah mengetahui permaslaahan yang ada maka menulis meninjau dengan padangan fiqih siyasah. Dari uraian yang disajkan dan dari tinjauan yang telah dilakukan, maka penulis memeproleh jawaban bahawasanya sudah melakukan beberapa upaya yang sesuai dengan peraturan daerah dalam mengendalikan permasalahan sampah tersebut sehingga mampu menjaga keadaan sekitar lingkungan bebas dari pencemaran lingkungan, walaupun masih terdapat beberapa faktor penghambat pemerintah daerah dalam melakukan upaya tersebut baik dari segi financial (keuangan) Dalam Pandangan fiqh siyasah pengelolaan sampah yang dilakukan oleh pemerintah daerah kabupaten Rokan Hilir di Kecamatan Bagan Sinembah dalam pandangan islam Khailfah pemimpin yang bertanggung jawab pada dirinya sendiri dia juga harus memikul tanggung jawab sesama makhluk hidup lainnya dan seluruh alam termasuk dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup. KataKunci: Fiqh Siyasah, Pelaksanaan ,Pengelolaan Sampah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340 Ilmu Hukum
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (Siyasah)
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Jun 2021 03:37
Last Modified: 09 Jun 2021 03:39
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49469

Actions (login required)

View Item View Item