Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI JURUSAN EKONOMI SYARIAH ANGKATAN 2017 DI TINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM

PUTRI SAKINA, - (2021) ANALISIS PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWI JURUSAN EKONOMI SYARIAH ANGKATAN 2017 DI TINJAU MENURUT EKONOMI ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN KECUALI BAB IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Putri Sakinah, (2021): Analisis Perilaku Konsumtif Mahasiswi Jurusan Ekonomi Syariah Angkatan 2017 Di tinjau Menurut Ekonomi Islam Perilaku konsumsi dalam islam tidak bisa di lepaskan dari peran keimanan yang menjadi tolak ukur yang memberikan cara pandang dunia yang cenderung mempengaruhi kepribadian manusia. Perkembangan trend yang selalu berganti setiap tahun membuat para konsumen tidak ingin ketinggalan untuk mengikutinya sehingga membuat pola konsumsi para konsumen menjadi berubah. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui perilaku konsumtif mahasiswi ekonomi syariah angkatan 2017, 2) untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi mahasiswi jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2017 dalam melakukan perilaku konsumtif, 2) mengetahui tinjauan ekonomi islam terhadap prilaku konsumtif mahasiswi jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2017. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data yang peneliti gunakan adalah sumber data primer, dan sumber data sekunder. Sumber data primer di peroleh dari observasi ke tempat penelitian, dan penyebaran angket kepada responden. Sedangkan sumber data sekunder peneliti peroleh dari buku-buku, jurnal, dan internet. Metode pengumpulan data peneliti menggunakan dengan cara penyebaran angket, dan observasi. Dan teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumtif mahasiswi jurusan ekonomi syariah angkatan 2017 belum ada kesadaran akan pentingnya konsumsi sesuai dengan aturan ekonomi islam. Dimana mahasiswi masih membeli barang secara berlebihan, melakukan pemborosan serta membeli produk untuk mencari kesenangan. Hal itu lebih di pengaruhi oleh faktor sosial, yang mana dalam membeli produk teman menjadi pemicu dalam berbelanja sehingga mahasiswi lebih mementingkan keinginan dari pada kebutuhan. Selain itu faktor yang memepngaruhi perilaku konsumtif mahasiswi juga di pengaruhi oleh faktor budaya, faktor gaya hidup, dan faktor psikologi. Dan bentuk perilaku konsumtif dari mahasiswi dalam berbelanja masih belum sesuai dengan kebutuhannya, mereka lebih cenderung mementingkan keperluan penampilan (fashion), dan trend yang sedang berkembang saat ini dan membelanjakan uangnya untuk memenuhi keinginannya dari pada kebutuhan. Sebagian mahasiswi sudah mempertimbangkan aspek dalam berbelanja, namun sebagian mahasiswi lainnya masih cenderung terpengaruh untuk melakukan perilaku konsumtif dengan tidak mempertimbangkan aspek dan berbelanja sesuai dengan kebutuhan. Kata Kunci: Perilaku, Perilaku Konsumtif, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
000 Karya Umum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syari'ah
Depositing User: fasih -
Date Deposited: 09 Jun 2021 04:14
Last Modified: 09 Jun 2021 04:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49454

Actions (login required)

View Item View Item