Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Kontribusi Perilaku agama Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kesadaran agama pada Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru

Indah Nurhandayani, - (2021) Kontribusi Perilaku agama Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kesadaran agama pada Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)

Abstract

ABSTRAK Indah Nurhandayani, (2020): Kontribusi Perilaku agama Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Kesadaran agama pada Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu variabel X perilaku agama guru Pendidikan Agama Islam dan variabel Y kesadaran agama pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada kontribusi perilaku agama guru Pendidikan Agama Islam terhadap kesadaran agama siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru. Objek dalam penelitian ini adalah kontribusi perilaku agama guru Pendidikan Agama Islam dan kesadaran agama siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru yang berjumlah 332 orang siswa yang beragama muslim. Dikarenakan populasi cukup besar maka penulis mengambil sampel sebesar 25% dengan menggunakan teknik pengambilan sampel Proportional Random Sampling, jadi jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 84 siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi yang cukup kuat perilaku agama guru Pendidikan Agama Islam terhadap kesadaran agama pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru. Hal ini terbukti dengan hasil perhitungan uji statistik bahwa rxy = 0,670 lebih besar dari H0 baik pada taraf signifikan 5% = 0,217 maupun pada taraf signifikan 1% = 0,283. Dengan cara lain dapat ditulis sebagai berikut ( 0,217 < 0,670 > 0,283 ). Dengan demikian Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti ada kontribusi yang kuat perilaku agama Guru Pendidikan Agama Islam terhadap kesadaran agama pada siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Pekanbaru. Kemudian besarnya kontribusi perilaku agama terhadap kesadaran agama siswa adalah sebesar 44,89% sehingga masih ada 54,9% lagi kesadaran agama siswa oleh faktor lainnya. Kata Kunci: Perilaku agama, Kesadaran agama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 09 Jun 2021 04:08
Last Modified: 09 Jun 2021 04:08
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49441

Actions (login required)

View Item View Item