PELAKSANAAN MONITORING KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAKWAH RUMBAI PEKANBARU

Handimas Putra, (2011) PELAKSANAAN MONITORING KEPALA SEKOLAH DALAM KEGIATAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DAKWAH RUMBAI PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011721.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan monitoring kepala sekolah dalam bidang pengajaran serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan monitoring kepala sekolah di SMP Dakwah Rumbai Pekanbaru, adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai bahan masukan bagi kepala sekolah di SMP Dakwah Rumbai Pekanbaru untuk meningkatkan pelaksanaan tugasnya, serta menambah wawasan penulis dalam membuat karya ilmiah, dan melengkapi persyaratan dalam menyelesaikan strata satu S1 di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Selanjutnya teknik yang digunakan untuk pengumpulan datanya adalah: wawancara, dan angket. Adapun hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui bahwa pelaksanaan monitoring kepala sekolah dalam kegiatan pembelajaran adalah dikategorikan kurang maksimal. Secara kuantitatif pelaksanaan monitoring kepala sekolah dalam kegiatan pembelajaran diperoleh persentase 57,8% dimana hasilnya berada antara 50%-75% yang dinyatakan kurang maksimal. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan monitoring kepala sekolah di SMP Dakwah Rumbai Pekanbaru dan faktor-faktor apa saja yang bisa mendukung dan menghambat pelaksanaan monitoring kepala sekolah di SMP Dakwah Rumbai Pekanbaru Adapun faktor pendukung pelaksanaan monitoring kepala sekolah di SMP Dakwah Rumbai Pekanbaru adalah : pengalaman mengajar yang dimiliki oleh kepala sekolah sangat mendukung kegiatan monitoring kegiatan pembelajaran dan selama mengajar itu kepala sekolah sudah mengetahui seluk beluk kegiatan pembelajaran guru. Hal ini sangat berpengaruh terhadap kepemimpinan kepala sekolah ataupun dalam mengadakan monitoring terhadapa guru serta mendapat respon yang positive dari guru sehingga kegiatan pembelajaran berjalan dengan efektif dan optimal. Sedangkan faktor penghambatnya adalah : kepala sekolah masih baru menjadi kepala sekolah, minimnya kepala sekolah atau jarangnya kepala sekolah mengikuti pelatihan tentang pengawasan atau monitoring yang berhubungan dengan tugasnya sebagai kepala sekolah, tidak tersusunnya program secara jelas, dan masih banyak guru yang tidak menyadari tugasnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 07 Jan 2016 08:47
Last Modified: 07 Jan 2016 08:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/494

Actions (login required)

View Item View Item