Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Tematik Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan.

Meissy Armadi, - (2021) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Tematik Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU.

[img] Text (BAB IV)
PEMBAHASAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (649kB)
[img]
Preview
Text
GABUNGAN TANPA BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Meissy Armadi, (2021): Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif pada Tematik Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema makanan sehat di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan melalui penerapan model pembelajaran problem based instruction. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa, hal ini terlihat dari 22 orang siswa hanya 3 orang atau 13,63% saja yang menunjukkan kemampuan berpikir kreatif pada kategori cukup karena masih banyak siswa yang belum mampu menyelesaikan permasalahan terkait materi pembelajaran dengan baik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru dan 22 orang siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem based instruction dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua pertemuan. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, tes kemampuan berpikir kreatif siswa, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif kualitatif persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, bahwa model pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini dapat dilihat sebelum tindakan hasil kemampuan berpikir kreatif siswa hanya mencapai 61,0% atau masih tergolong kurang. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada siklus I, kemampuan berpikir kreatif siswa meningkat menjadi 74,8% atau tergolong cukup baik. Kemudian pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 85,7% atau tergolong baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based instruction dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada tema makanan sehat, khususnya pada muatan pelajaran IPS di kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Instruction, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ftk -
Date Deposited: 07 Jun 2021 15:02
Last Modified: 07 Jun 2021 15:02
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/49396

Actions (login required)

View Item View Item